KPK Kunjungi BPKP Sulteng untuk Koordinasi Pencegahan Korupsi pada Sektor Usaha di Sulawesi Tengah

 

Palu (12/10) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang diwakili oleh Rosana Fransisca, Jeji Azizi, dan Irna Banuwati, melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka Koordinasi perihal Pencegahan Korupsi pada Sektor Usaha di Provinsi Sulawesi Tengah.

KPK bertugas untuk melaksanakan tindakan-tindakan pencegahan sehingga tidak terjadi tindak pidana korupsi. Dalam mengimplementasikan program pencegahan korupsi terintegrasi, diperlukan peran aktif pemangku kebijakan dengan pelaku usaha untuk bersama-sama melakukan pencegahan korupsi demi terciptanya dunia usaha yang bersih. Sehubungan dengan hal ini, KPK melaksanakan rapat Koordinasi bersama dengan BPKP.

Rapat dilaksanakan di Aula Graha Audita Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah. Rapat dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto, seluruh Koordinator Pengawasan atau yang mewakili, dan perwakilan dari KPK.

Berdasarkan data, KPK mengatakan bahwa kasus korupsi paling banyak dilakukan oleh pelaku usaha. Hal ini disebabkan karena pelaku korupsi tidak hanya dari pihak yang menerima, namun juga dari pihak yang memberi. Oleh karena itu, dalam melakukan pencegahan korupsi, sektor usaha menjadi sektor yang cukup penting. KPK berharap agar BPKP senantiasa melaksanakan pengawasan terhadap pemerintah daerah, BUMN, BUMD di wilayah Sulawesi Tengah demi mendukung pencegahan korupsi pada sektor usaha.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto, mengapresiasi kunjungan KPK. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah menjelaskan bahwa seluruh pegawai telah mengikuti pelatihan terkait dengan anti gratifikasi. Rekrutmen, penjenjangan, penempatan jabatan juga telah dilaksanakan dengan melalui seleksi. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Tengah berterima kasih atas isu yang dikemukakan oleh KPK dan akan menjadi masukan dalam prioritas pengawasan. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah berharap dapat terus berkomunikasi dan Bersama-sama berupaya dalam melakukan pencegahan korupsi pada sektor usaha di Sulawesi Tengah sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

#HadirdanBermanfaat

Kominfo BPKP Sulteng