Peningkatan Peran APIP melalui Program STAR AF BPKP

Rabu (22/11) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Mohamad Risbiyantoro menjadi narasumber dalam Workshop STAR AF Tahun 2023 yang mengusung tema "Penguatan Peran APIP yang Efektif dalam Mengawal Pembangunan Nasional". Workshop yang dihadiri APIP dan Perwakilan BPKP ini diselenggarakan di Aston Makassar Hotel Convention Center.

State Accountability Revitalization - Additional Financing(STAR-AF) merupakan proyek yang diselenggarakan oleh BPKP melalui pendanaan dari Asian Development Bank (ADB) untuk periode 2020 s.d 2025. Penyelenggaraan proyek ini ditujukan untuk dapat meningkatkan akuntabilitas sektor publik melalui peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Tantangan pengawasan yang semakin kompleks mengharuskan APIP untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki. Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan BPKP Iwan Taufiq Purwanto menyampaikan bahwa APIP dan BPKP memiliki peran yang esensial dalam mengawal pembangunan nasional. APIP menjalankan fungsi penting sebagai pemberi early warning dan masukan kepada stakeholders (Kepala Daerah) terkait program dan kegiatan yang diselenggarakan.

APIP dan BPKP juga memiliki tugas untuk memberikan penjaminan bahwa penyelenggaraan pemerintahan berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro menyampaikan dalam pengawasan perencanaan merujuk pada indikator penilaian sehingga dapat dilihat apakah penganggaran yang dilaksanakan mampu mencapai tujuan yang ditetapkan. Dari hasil pengawasan inilah yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pimpinan untuk melalukan perbaikan ataupun perubahan yang diperlukan untuk keberhasilan pencapaian tujuan.

“Pertemuan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi kita, kita bisa unggul di satu sisi tapi kita akan lemah di sisi lain. Ketika kita bisa sharing knowledge seperti ini kita bisa paham banyak hal” ungkap Mohamad Risbiyantoro. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengapresiasi atas dukungan yang diberikan oleh ADB dan pihak-pihak lainnya atas terselenggaranya kegiatan workshop ini. (Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)