TEMUI BPKP KALSEL, PLT BUPATI HSU MINTA PENGAWALAN SETELAH PENANGKAPAN BUPATI HSU

BANJARBARU (14/1) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Rudy M. Harahap didampingi para Koordinator Pengawasan menerima kunjungan dari Plt. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi Abdi beserta jajarannya.

Bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Plt. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi Abdi menyampaikan tujuan kedatangannya untuk menjalin sinergitas dan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten HSU dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan. Husairi juga meminta bantuan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan agar mengawal pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten HSU daerah dapat berjalan.

Menanggapi hal tersebut, Rudy menyambut baik dan siap bersinergi dengan Pemkab HSU dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien,dan melayani masyarakat dan menyampaikan beberapa perbaikan yang harus dilakukan agar kejadian tersebut tidak dilakukan.

Selain itu, Rudy juga menyarankan penyusunan rencana aksi yang jelas berupa strategi peningkatan efektivitas birokrasi dengan mereposisi sekretaris daerah, seleksi JPT yang ketat, memberhentikan pegawai kontrak yang diangkat karena kepentingan politik, meningkatkan moralitas ASN Pemkab HSU dengan membangun budaya organisasi dan kesejahteraan ASN, mengajak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mengedepankan Inspektorat dalam menangani permasalahan administrasi pemerintahan.

Rudy menegaskan bahwa BPKP akan membantu Pemkab HSU dalam penguatan governansi, manajemen risiko, dan sistem pengendalian. Karena itu, katanya, "Pemkab HSU harus menjadikan Manajemen Risiko Indeks (MRI) sebagai target kinerja."

Ia juga menambahkan, Pemkab HSU harus meningkatkan kapabilitas APIP dan membangun sistem anti kecurangan (fraud control plan/fraud risk analysis)yang merupakan perwujudan komitmen BPKP untuk selalu Hadir dan Bermanfaat.

Perlu diketahui, Husairi Abdi sebagai Plt Bupati HSU akan berakhir masa jabatannya tanggal 18 November 2022. Karenanya, ia memberikan apresiasi yang tinggi atas kesediaan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan mendampingi Pemkab HSU dalam memulihkan reputasiPemkab HSU.

(Kominfo BPKP Kalsel)