BPKP Riau Ikut Peran Dalam Upaya Pengendalian Inflasi

Pekanbaru, 29 Januari 2024 – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Kwinhatmaka menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual bersama Gubernur Riau di Gedung Daerah Balai Serindit. Rakor diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Tito menyampaikan apresiasi Presiden Joko Widodo atas upaya pengendalian inflasi di tingkat pemerintah pusat dan daerah.

“Kita tahu bahwa sekali lagi saya mengulangi, kita di angka YoY 2,61 persen, dan Bapak Presiden menyampaikan apresiasi atas upaya-upaya kita untuk mengendalikan inflasi, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah” katanya.

Tito mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) dengan angka inflasi tinggi untuk mencari betul penyebab kenaikan harga di daerahnya masing-masing. Selain itu juga melakukan pengecekan ke pasar terkait komoditas mana saja yang mengalami kenaikan. Faktor lain yang perlu dicermati pula menyangkut suplai atau distribusinya.

“Cuma dua saja, suplai kurang atau distribusi yang macet. Distribusi macet mungkin karena masalah cuaca atau ada yang nimbun, menahan barang, itu bisa pidana. Kemudian kalau suplai ya cepat cari kerja sama antar daerah atau koordinasi dengan stakeholder yang ada,” tegasnya.

(Kominfo BPKP Riau)