BPKP Mendorong Pemda Se-Riau Menuju SPIP dan MR Level 3

Pekanbaru, 15 Mei 2023 - Dalam rangka meningkatkan kualitas Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi dan Manajemen Risiko, Perwakilan BPKP Provinsi Riau menggelar Workshop SPIP Terintegrasi dan Manajemen Risiko (MR) bagi Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Riau Tahun 2023. Workshop itu dilaksanakan di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Senin 15 Mei 2023, diikuti oleh peserta dari Pemerintah daerah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa pemerintahan tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila SPIP tidak dijalankan secara optimal, sehingga organisasi tidak akan bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan, atau bahkan justru kehilangan arah. Disampaikannya bahwa SPIP pada hakikatnya merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Instansi pemerintah perlu menyelenggarakan SPIP Terintegrasi yang didalamnya termasuk peran pengawasan intern oleh Inspektorat Daerah melalui Kapabilitas APIP, serta penerapan Manajemen Risiko dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) yang erat kaitannya untuk mewujudkan Good Governanceand Clean Government, ” ujar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau itu.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau berharap pemerintah daerah dapat berperan dalam mengintegrasikan pengelolaan risiko pada manajemen pemerintahandaerahsebagai suatu perubahan nyata yang diperlukan. Sehingga risiko-risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan pemerintah daerah dapat dikelola dengan baik dan benar, sertaacara workshop ini menjadi suatu momentum yang baik bagi Pemerintah daerah guna meningkatkan kualitas Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi dan MR Level 3.

Auditor Madya pada Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Zulheri dan Desi Fatimah serta Inspektur Pemerintah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau,  H Radius Akima, S.Sos, MT didapuk sebagai narasumber diacara itu, dengan moderator, Sri Rahayu Auditor Muda pada Perwakilan BPKP Provinsi Riau.   ***

Tim Kominfo BPKP Riau / Setia Hadi Pranoto