BPKP Apresiasi Capaian Maturitas SPIP dan Manajemen Risiko Pemkab Rohul

Pasir Pengaraian, 10 Mei 2023 – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) atas prestasi mencapai Maturitas SPIP Level 3 dan Indeks Penerapan Manajemen Risiko (MR) Level 3.

Dua penghargaan dalam bentuk piagam diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir kepada Bupati Rokan Hulu H Sukiman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir meyampaikan suatu kebahagian atas apa yang diperoleh Pemkab Rohul ini.

"Saya mengucapkan selamat atas pencapaian ini dan menjadi kebanggaan bagi Pemkab Rohul untuk tetap mempertahankan terus dengan kualitas yang terbaik. Bagaimanapun mempertahankan suatu prestasi akan menjadi sulit jika tidak ada komitmen bersama dari Pemkab Rohul ke depannya," ujar Fauqi.

Ke depan, Fauqi mengharapkan kualitas capaian tersebut dapat ditingkatkan. Karena setiap tahunnya akan dilakukan penilaian. Untuk itu, Pemkab Rohul harus mampu menindaklanjuti seluruh hal-hal yang perlu perbaikan dalam penilaian tahun 2023 yaitu perbaikan perencanaan pembangunannya.

Sementara itu, Bupati Rohul H Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Riau atas diserahkannya dua piagam penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Rohul.

Sukiman juga menyampaikan Perwakilan BPKP Provinsi Riau telah melakukan evaluasi atas hasil penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Tahun 2022.

"Alhamdulillah, Pemkab Rohul telah memperoleh Level 3. Namun demikian masih terdapat perbaikan-perbaikan yang harus kita lakukan ke depannya” ungkapnya.

Orang nomor satu Rohul itu menjelaskan, akan menindaklanjuti dan melakukan perbaikan terhadap penilaian tahun 2023 yang akan dilakukan Perwakilan BPKP Provinsi Riau, di antaranya menggunakan risiko strategis Pemkab Rohul sebagai dasar pengambilan keputusan.

Turut hadir Inspektur Daerah Rohul, para asisten, staf ahli Bupati Rohul, dan para Kepala OPD Rohul lainnya.

(Kominfo BPKP Riau)