BPKP Riau Berikan Penguatan dan Pemutakhiran Peta Risiko Pada Pemkab Kampar

Bangkinang (30/11/2021) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Fauqi Achmad Kharir didampingi Koordinator Pengawasan Bidang APD, Arfan Aryanto Dalimunthe melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dalam rangka Penguatan dan Pemutakhiran Peta Risiko Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sekaligus Sosialisasi SPIP Terintegrasi.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyampaikan salah satu dari 5 unsur pengendalian intern pada PP 60 tahun 2008 tersebut adalah pengelolaan risiko menjadi unsur yang dapat menggambarkan tingkat kematangan SPIP. Ketepatan dalam mengidentifikasi dan menganalisis resiko akan mempengaruhi keandalan penyelenggaraan pengendalian Pemerintah Kabupaten Kampar, semakin baik dalam mengelola resiko maka semakin baik pula penyelenggaraan SPIP.

"Manajemen risiko bertujuan untuk mengelola risiko sehingga kita bisa memperoleh hasil yang paling optimal karena itu risiko yang dihadapi oleh organisasi juga harus dikelola agar organisasi bisa bertahan dan dapat mengoptimalkan risiko” ujar Bupati Kampar

Sementara itu, Fauqi menyampaikan penerapan SPIP Terintegrasi mengintegrasikan beberapa penilaian didalamnya yang meliputi Penilaian SPIP, Manejemen Risiko Indeks, Kapabilitas APIP dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi.

Dalam implementasi SPIP tersebut, setiap organ dalam Pemerintah Daerah memiliki peran dan tanggung jawab dalam membangun pengendalian internal yang baik.

“Untuk itu kolaborasi, kontribusi, dan sinergitas dari setiap OPD menjadi sangat penting dalam mewujudkannya” tegas Fauqi.

Fauqi mengatakan BPKP Riau akan selalu hadir untuk membantu Pemerintah Daerah dalam implementasi dan penilaian mandiri SPIP Terintegrasi. Disamping itu, ia juga mengatakan Inspektorat mempunyai tugas melakukan penjaminan kualitas atas hasil penilaian mandiri oleh OPD, lalu hasil penilaian tersebut akan dievaluasi oleh BPKP dalam rangka penilaian level maturitas SPIP.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kampar dan diikuti oleh seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Kampar.

(Kominfo BPKP Riau)