Kaper BPKP Sumbar Hadiri Pelantikan Pengurus IAI Wilayah Sumbar

Padang (6/2), Bertempat di Auditorium Gubernuran, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro dengan didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang IPP Taufik Maulana Hamzah Putra serta Pengendali Teknis menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Barat Periode 2020-2024, Sabtu 6 Februari 2021.

Acara Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) IAI Prof. Dr. Mardiasmo secara virtual. Prof. Dr. Mardiasmo menyampaikan selamat bertugas dan berpesan agar akuntan Sumatera Barat terus bersinergi dengan pemerintah daerah. Pada kesempatan tersebut, juga hadir Kepala Perwakilan BPK Sumbar, Kepala Kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumbar, Dewan Pembina Akuntansi Wilayah Sumbar dan Anggota IAI wilayah se Sumbar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayito dalam sambutannya mengapresiasi peran akuntan khususnya yang berasal dari BPKP, karena membantu meningkatkan akuntabilitas laporan keuangan sehingga meningkat dari disclaimer ke Wajar Dengan Pengecualian (WDP) lalu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam waktu 2 tahun saja.  Irwan Prayitno mengucapkan terima kasih atas bantuan para akuntan dalam peningkatan kinerja Pemprov Sumbar sejak setelah terjadinya bencana gempa 2009, sehingga saat ini Laporan Kinerja Pemprov Sumbar telah mencapai BB+. Selain itu, bantuan dari Kepala BPKP Muhammdad Yusuf Ateh yang waktu itu menjabat sebagai Deputi di KemenPAN RB juga diapresiasi oleh Gubernur Sumbar.

Pengukuhan IAI Wilayah Sumbar diharapkan mampu mendorong pemerintah daerah agar lebih meningkatkan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan dengan mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, efisien dan efektif.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro ex officio menjadi anggota penasehat bersama dengan Kalan BPK dan Kakanwil DJP Sumbar Riau pada sususan Pengurus IAI Wilayah Sumbar. Beberapa pegawai BPKP Sumbar juga masuk dalam sususan kepengurusan IAI Wilayah Sumbar

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar