Siskeudes Online Mendukung Perencanaan APBG Berkualitas dan Tepat Waktu

BIREUEN - Seluruh Stakeholders yang terlibat, baik Pemerintah Daerah, para Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, maupun Perangkat Gampong harus memastikan agar musrenbangdes bukan sekedar formalitas & rutinitas, sehingga  diharapkan dapat memastikan agar usulan masyarakat dalam Musrenbangdes benar-benar yang sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mengatasi permasalahan krusial di Gampong (mengacu kepada evidence based). Demikian disampaikan Kepala DMPG Aceh dalam acara Focus Grup Discussion Rancangan Peraturan Bupati Bireuen dan Pertukaran Pengetahuan dan Pengalaman Penerapan Siskeudes Online.

Pada kesempatan yang sama Perwakilan BPKP Aceh yang diwakili Korwas APD 2 Priyanta Nugraha menyampaikan bahwa dalam menyusun perencanaan agar dipastikan setiap kegiatan dalam RKPDes benar-benar mempunyai korelasi yang signifikan untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan di Gampong, sehingga setiap rupiah yang dibelanjakan dalam APBG bermanfaat dan mencapai outcome yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Oleh karena itu, penerapan Siskeudes Online merupakan langkah tepat mendorong perencanaan APBG berkuatlitas dan tepat waktu. Penyajian data APBG secara real time online melalui Siskeudes online memudahkan Bupati dan Kepala DPMG memantau dan mengevaluasi seluruh kegiatan yang dibiayai Dana Desa yang tercantum dalam APBG mulai perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban.

Saat ini sudah 7 pemda di wilayah Aceh yang telah menerapkan siskeudes online. Hal ini dibenarkan oleh Kepala DPMG Aceh Selatan dan Kepala DPMG Aceh Besar yang menyatakan penerapan siskeudes online yang mudah dengan biaya yang minimal telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Besar. Prestasi Kabupaten Aceh Selatan sebagai pemda pertama di Indonesia yang tercepat dalam pencairan DD Tahap I Tahun 2021 diraih dengan dukungan Siskeudes Online.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMG Bireuen menyatakan siap menerapkan siskeudes online dan meminta dukungan Perwakilan BPKP Aceh.

Acara FGD ini dilaksanakan oleh DPMG Kabupaten Bireuen bekerja sama dengan KOMPAK di Hotel Kryad Banda Aceh.

Quote

“Perencanaan yang buruk berarti merencanakan kegagalan”

 

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)