Sinergi Pengawasan Inklusif untuk Mewujudkan Pembangunan Aceh yang Berkualitas

  

BANDA ACEH (24/4/2024) - Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh turut menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Pengawasan dan Penyerahan Penghargaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi yang diselenggarakan dengan tema 'Sinergi Pengawasan yang Inklusif untuk Mewujudkan Pembangunan Aceh yang Berkualitas'. Acara tersebut dihadiri oleh Irjen Kementerian Dalam Negeri Komjen Pol Tomsi Tahir, Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, dan Direktur Korsup Wilayah I KPK.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan BPKP Aceh menyerahkan apresiasi kepada Pemerintah Daerah se-Aceh yang berhasil mencapai level 3 dalam Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Kapabilitas APIP, Manajemen Risiko Indek (MRI), dan Indeks Efektifitas Pengendalian Korupsi (IEPK). Penyerahan apresiasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan reformasi birokrasi, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau good governance.

Implementasi SPIP, Kapabilitas APIP, MRI, dan IEPK di tingkat level 3 dianggap sebagai indikator utama bagi sebuah pemerintah daerah dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance. Keberhasilan mencapai level tersebut menandakan komitmen kuat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, transparansi, dan akuntabilitas.

Para peserta rapat, yang terdiri dari para Pj. Bupati/Wali Kota, Inspektur dan Irban Inspektorat se-Aceh, serta kepala OPD Pemda Aceh, diharapkan dapat terus memperkuat sinergi dalam mengimplementasikan SPIP.

 

(Tim Kominfo BPKP Aceh)