BPKP Sumatera Barat Gelar Workshop Audit Kinerja Berbasis Risiko

 

PADANG (23/4/2024) - Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Workshop Audit Kinerja Berbasis Risiko (AKBR) pada Inspektorat Daerah di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Workshop AKBR ini dihadiri oleh SDM Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah di Sumatera Barat pada hari Jumat, 19 April 2024.

Koordinator Pengawasan Bidang P3A R.Agus Prasetyo Budi, membuka langsung acara tersebut. Ia berharap dengan terselenggaranya workshop ini, maka Aparat Pengawasan Pemerintah Daerah (APIP) dapat melaksanakan audit kinerja berbasis risiko sehingga memberikan nilai tambah bagi organisasi pemda. Munurutnya, APIP harus mampu memberikan rekomendasi strategis untuk perbaikan tata kelola serta pencapaian tujuan organisasi secara efektif, dengan cara yang efisien, serta penggunaan sumber daya secara ekonomis. Keberadaan APIP di daerah diharapkan dapat meningkatkan kinerja atas pencapaian program strategis pemda.

Agus menambahkan, Inspektorat diharapkan bisa mempertahankan kapabilitasnya pada level 3 atau bahkan meningkat ke level di atasnya dengan melaksanakan aktivitas pengawasan yang berbasis pada manajemen risiko sehingga kegiatan assurans yang dilaksanakan lebih optimal melalui penggunaan sumber daya APIP yang efisiean dan efektif.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Bidang P3A BPKP Sumbar meliputi gambaran umum, perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan audit kinerja berbasis risiko pemerintah daerah. Selanjutnya dilaksanakan diskusi dengan peserta workshop.

 

(Kominfo BPKP Sumbar)