BPKP Aceh Dorong Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Gampong

  

BANDA ACEH (23/4/2024) - Ruang Kelas BPKP Perwakilan Aceh menjadi saksi atas terlaksananya acara Rapat Koordinasi Optimalisasi Peningkatan Kinerja Pemerintah Gampong dalam Pengelolaan Keuangan Gampong serta Pemahaman Penggunaan Aplikasi Siskeudes bagi Aparatur Pemerintah Gampong di Wilayah Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Tahun 2024.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Mukim dan Gampong Yunita Silvia yang menyambut hangat kegiatan ini serta berharap materi yang disampaikan dapat diterapkan secara nyata di gampong.

Selanjutnya, Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintahan Daerah Jumadi, yang juga menjadi pembuka rapat koordinasi tersebut menekankan pentingnya partisipasi aktif peserta dalam memahami materi yang disampaikan terkait perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban, pelaporan, aset desa, BUMDES, dan lainnya.

"Fokus yang harus diperhatikan yaitu dana desa digunakan untuk penanganan kemiskinan ekstrem, program ketahanan pangan, dan dana untuk pembangunan gampong," ujar Jumadi.

Jumadi juga menambahkan bahwa karena semua pengelolaan keuangan desa harus dipertanggungjawabkan, aset desa menjadi hal yang rentan apabila terjadi pergantian kepala desa atau perangkat desa. Oleh karena itu, pencatatan aset desa menjadi hal yang sangat penting.

 

(Tim Kominfo Aceh)