BPKP Sulsel Dukung APIP Pemda Siapkan Diri Laksanakan Evaluasi Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

   

MAKASSAR (22/4/2024) – Kantor Diklat Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Penilaian Maturitas SPIP pada Lingkungan Pemerintah Daerah. Pelatihan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Mohamad Risbiyantoro.

Mohamad Risbiyantoro dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan pengendalian intern merupakan tanggung jawab dari setiap penyelenggara negara. Pengendalian intern menjadi salah satu syarat untuk mendukung tata kelola organisasi yang baik. Pengendalian mendukung pelaksanaan pengawasan, sehingga meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan.

“Tugas APIP adalah salah satunya memberikan bimbingan/consulting kepada organisasi (terkait) tentang penyelenggaraan pengendalian yang baik,” jelas Risbiyantoro.

Risbiyantoro menambahkan, pengendalian yang ada dalam organisasi bersifat khas/unik, karenanya pelaksanaan pengendalian bergantung pada situasi dan kondisi di lapangan. “Pengendalian yang baik adalah yang pas, efektif dan itu bisa berbeda-beda di antara unit,” tambahnya.

Target Hasil Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi bukan mendapatkan skor penilaian yang tinggi, namun pada hakikatnya adalah bagaimana implementasi tata kelola organisasi bisa mencapai tujuan yang diharapkan dari masing-masing program dan tujuan bersama organisasi. Melalui penyelenggaraan pelatihan ini para peserta juga diharapkan dapat saling berdiskusi baik dengan narasumber ataupun sesama peserta terkait kendala dan tantangan yang dihadapi di lapangan.

Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 28 Peserta APIP Inspektorat dari berbagai wilayah di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Para peserta akan mengikuti pelatihan selama 50 jam pelatihan atau 5 hari, yang dimulai sejak 22 April sampai dengan 26 April 2024. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu melaksanakan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP sesuai dengan peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

 

(Kominfo BPKP Sulsel/Dew)