Raker Deputi Akuntan Negara: Kawal Akuntabilitas Badan Usaha dan Perbaikan Pengelolaan BUMN

  

JAKARTA (4/4/2024) – Deputi Akuntan Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar Rapat Kerja tahun 2024 di Auditorium Gandhi Kantor Pusat BPKP. Acara yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas Pengawasan Badan Usaha dan BLU/D dalam Mendukung Pelaksanaan APP dan Kebutuhan Stakeholders” ini diadakan selama 2 hari pada 3-4 April 2024.

Dalam sambutan pembukaan rapat kerja, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menekankan bahwa value delivery pengawasan telah diikuti dengan meningkatnya kepercayaan dan ekspektasi Kementerian BUMN akan pengawalan akuntabilitas badan usaha dan perbaikan kebijakan pengelolaan BUMN.

“Sintesis hasil pengawasan dan pelaporan eksekutif semakin tajam. Oleh karena itu, keberadaan dan manfaat Akuntan Negara semakin terasa, baik sebagai kontributor pengawasan program pemerintah, maupun sebagai penanggungjawab pengawasan tata kelola badan usaha,” ucapnya.

Rapat Kerja ini diharapkan mampu memperluas pemahaman dan kualitas hasil pengawasan, dengan terus mencari terobosan dan menggali area-area perbaikan yang bisa kita sampaikan kepada pemerintah untuk kita benahi.

“Meskipun sudah baik, kualitas pengawasan tetap harus ditingkatkan agar kebermanfaatan BPKP semakin nyata,” ujar Ateh menutup sambutan.

Sementara itu, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Sally Salamah dalam paparannya mengatakan bahwa kinerja pengawasan yang tertuang dalam Laporan Kinerja Deputi Akuntan Negara Triwulan 1 tahun 2024 menunjukkan penyelesaian 725 penugasan, di mana sebanyak 248 penugasan dari BPKP Pusat dan 477 penugasan dari BPKP Perwakilan.Kinerja ini harus dijaga kualitas dan kebermanfaatannya demi mewujudkan badan usaha yang mendorong pembangunan Indonesia.

Rapat kerja ini juga dihadiri para direktur di lingkungan Deputian Akuntan Negara.

 

(Tim Kominfo/DAK)