BPKP Kalimatan Tengah Sampaikan Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemkab Kotim Tahun 2023

  

KOTAWARINGIN TIMUR (20/03/2024) - Bertempat di Aula Sei Mentaya Bappelitbangda Kabupaten Kotawaringin Timur, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Hanggara Atmana didampingi Korwas Bidang APD, Dwito Santoso menghadiri acara musrenbang rancangan RKPD Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2025 yang dibuka oleh Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor.

Pada kegiatan musrenbang tersebut Hanggara menyampaikan hasil evaluasi perencanaan dan penganggaran tahun 2023. Selain itu, dirinya juga menyampaikan atensi hasil pengawasan pengadaan PPPK ASN 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Mengawali sambutan, Hanggara menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atas kinerja penanganan kemiskinan ekstrem sehingga mendapatkan insentif fiskal dari pemerintah pusat. Prestasi tersebut menunjukkan bahwa secara umum kualitas perencanaan dan penganggaran pada sektor pengentasan kemiskinan sudah cukup baik, namun masih ada yang perlu ditingkatkan khususnya pada sektor lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa evaluasi perencanaan dan penganggaran tahun 2023 yang telah dilakukan BPKP Kalteng tersebut berdasarkan asersi yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atas lima sektor yang dievaluasi, yakni sektor pengentasan kemiskinan, sektor percepatan penurunan stunting, sektor peningkatan ketahanan pangan, sektor daya saing pariwisata, hingga sektor pemberdayaan UMKM.

Hasil evaluasi perencanaan dan penganggaran tentunya bertujuan agar setiap rupiah yang dibelanjakan dari APBD Kabupaten Kotawaringin Timur dirancang secara konkret dan produktif, tentunya BPKP Kalteng akan terus mendukung upaya-upaya yang dapat memperkuat capaian tujuan pembangunan daerah.

Turut hadir dalam kegiatan musrenbang Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Sekretaris Daerah, Kepala Bappelitbangda, Inspektur, dan sejumlah Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

(Kominfo BPKP Kalteng/Rz)