BPKP Maluku Dukung Kabupaten Maluku Tengah Terapkan Siskeudes Online

  

AMBON (19/3/2024) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi menerima kunjungan kerja dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa (19/3).

Dalam pertemuan tersebut, Kadis menyampaikan maksud dan tujuannya yakni untuk berkoordinasi dan meminta arahan terkait pendampingan BPKP dalam pengaplikasian Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online pada Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Kadis berharap dukungan dari BPKP untuk dapat berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis/workshop terkait aplikasi Siskeudes Online. Sementara itu, SK Tim Siskeudes juga akan disahkan oleh Bupati Maluku Tengah dalam waktu dekat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi yang saat itu didampingi Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Brayen Markos Purba, mengatakan bahwa BPKP akan siap mendukung segala fasilitasinya, bahkan kalau perlu kegiatan dapat digelar di kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

Kemudian Yunaedi juga menambahkan bahwa dari pelaksanaan bimtek Siskeudes Online nantinya para admin desa diharapkan dapat memahami prosedur pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan hingga pelaporan. Selain itu, Tim BPKP juga akan membimbing cara mengoperasikan aplikasi Siskeudes Online versi terbaru dengan tepat.

“Kami siap mendukung segala fasilitasinya, mau diadakan di Masohi atau di kantor kami juga bisa. Yang jelas, BPKP akan mendukung penuh pemerataan pengaplikasian Siskeudes Online di Kabupaten Maluku Tengah untuk meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik dan akuntabel pastinya,” ungkap Yunaedi.

 

(Kominfo BPKP Maluku)