BPKP Nilai Kualitas Efektivitas dan Efisiensi Perencanaan dan Penganggaran Pemprov Maluku Utara

                

SOFIFI (2/3/2024) – Kualitas perencanaan dan penganggaran yang baik merupakan cerminan atas apa yang akan dicapai oleh pemerintah daerah dalam kurun waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan evaluasi atas perencanaan dan penganggaran pada Pemerintah Provinsi Maluku Utara Tahun Anggaran 2024 guna membantu mengidentifikasi permasalahan dan isu strategis dalam perencanaan dan penganggaran Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Evaluasi dilaksanakan pada tanggal 21 Februari sampai dengan 1 Maret 2024 yang berfokus pada sektor pengentasan kemiskinan dan penanganan prevalensi stunting.

Evaluasi dilakukan dengan menilai kualitas efektivitas dan efisiensi program, kegiatan, dan subkegiatan yang telah direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam mendukung ketercapaian ultimate outcome atau kondisi yang diharapkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Evaluasi dilakukan dengan kolaborasi antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektorat, dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam pemenuhan data yang dibutuhkan untuk kelancaran dan ketepatan evaluasi. Selain menggunakan dokumen sebagai basis data dalam melakukan evaluasi, Tim BPKP Provinsi Maluku Utara juga melakukan wawancara sebagai dasar konfirmasi terhadap program, kegiatan, dan subkegiatan yang telah direncanakan oleh pemerintah daerah.

Tidak hanya melakukan penilaian terhadap kualitas efektivitas dan efisiensi perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah, Tim BPKP Provinsi Maluku Utara juga melakukan pemetaan masalah dan memberikan rekomendasi strategis yang dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Melalui kegiatan ini, Tim BPKP Provinsi Maluku Utara juga turut mengingatkan akan pentingnya pengendalian intern dan komitmen dari kepala daerah dalam meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran agar dapat mencapai kondisi yang diharapkan untuk dicapai dan mewujudkan visi yang telah ditetapkan pada RPJMD Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

 

(Kominfo BPKP Malut/Dimas)