2024 OECD’s Auditors Alliance Annual Meeting: BPKP Tekankan Pentingnya Pengendalian Internal dan MR

                    

PARIS (25/3/2024) – Sejalan dengan visi BPKP untuk menjadi auditor pemerintah berkelas dunia, BPKP diundang untuk berpartisipasi dalam OECD’s Auditors Alliance Annual Meeting 2024. Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari menjadi salah satu panelis dalam annual meeting tersebut yang digelar di Auditorium OECD Conference Centre, Paris, Prancis pada hari Senin, 25 Maret 2024. 

Merespons fenomena di berbagai negara atas adanya gap antara regulasi dan framework tata kelola yang dibangun dengan penerapannya, Agustina Arumsari secara khusus menyampaikan pentingnya memandang pengendalian internal (internal control) dan manajemen risiko (risk management) bukan sebagai formalitas administratif belaka, namun menjadi bagian dari proses bisnis dan budaya organisasi yang penting untuk mencapai tujuan. Agenda Prioritas Pengawasan BPKP sebagai bentuk risk-based audit untuk memprioritaskan sumber daya pengawasan juga menjadi salah satu poin yang disampaikan sebagai upaya BPKP untuk meningkatkan efektivitas internal audit di Indonesia.

Selain itu, Arumsari juga menyampaikan pentingnya meningkatkan kompetensi auditor internal untuk menjaga efektivitas pengendalian internal dan manajemen risiko. Dengan demikian, hasil audit dan rekomendasi yang diberikan dapat dipastikan bermanfaat bagi pengambil kebijakan.

Auditor Alliance Annual Meeting dan Global Anti-Corruption and Integrity Forum adalah bagian dari Integrity Week yang diselenggarakan OECD untuk membangun dialog antara pemerintah, sektor privat, dan civil society dalam bersama-sama membangun integritas publik dan memberantas korupsi.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) merupakan organisasi internasional beranggotakan 38 negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas. Auditors Alliance adalah platform kolaborasi auditor internal maupun eksternal dari seluruh dunia untuk saling berdiskusi dan membagikan best practices dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh audit sektor publik. 

Berbagai tema menjadi fokus annual meeting kali ini. Mulai dari inovasi auditor dalam membangun integritas publik, peluang dan tantangan penggunaan Artificial Intelligence dalam audit, pemutakhiran Global Internal Audit Standard, hingga lessons learned dari penanganan krisis untuk membangun pencegahan fraud yang lebih efektif.

 

(Kominfo BPKP Pusat/YRPIH/RRI)