Pemkab Teluk Bintuni Konsultasikan Tata Kelola ke BPKP Papua Barat

           

MANOKWARI (26/3/2024) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Lepot Setyanto menyebut pihaknya siap membantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam pengelolaan keuangan daerah, SPIP, manajemen risiko, peningkatan kapabilitas APIP dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal tersebut, ia sampaikan saat audiensi Inspektur Teluk Bintuni I Wayan Sidia beserta jajaran ke Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

“APBD Kabupaten Teluk Bintuni termasuk yang terbesar diantara kabupaten lain di Provinsi Papua Barat, namun di sisi lain tata kelola pemerintahan di Kabupaten Teluk Bintuni belum baik,” kata Lepot.

Lepot menambahkan, BPKP siap mengawal menuju peningkatan akuntabilitas keuangan dan pembangunan di Kabupaten Teluk Bintuni.

Di samping itu, dalam audiensi tersebut Lepot mendorong peran inspektorat selaku APIP dalam mengawal dan memastikan program kepala daerah berjalan dengan baik. Menurut Lepot, tidak hanya jumlah SDM dalam inspektorat yang diperhatikan namun juga kualitas SDM.

Menanggapi hal ini, I Wayan menyampaikan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni berkomitmen untuk terus memperbaiki tata kelola sesuai arahan BPKP.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntan Negara Eko Agus Suryono, Korwas Bidang APD Fajar Nurfirmansyah, Korwas Bidang Investigasi Sjachroel Hidhayat Siregar dan Korwas Bidang P3A Robertus Gatot Megantoro.

 

(Kominfo BPKP Pabar)