BPKP Kalimantan Utara Hadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah

  

TARAKAN – Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Kalimantan Utara, bertempat di Hotel Tarakan Plaza, Senin (25/3/2024).

HLM yang mengusung tema “Langkah Proaktif Mendorong Keterjangkauan Harga Melalui Ketersediaan Pasokan dan Kelancaran Distribusi Komoditas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H”, dilaksanakan dalam rangka penguatan komunikasi dan sinergi antarTPID. Pada kesempatan ini, dipaparkan sejumlah upaya yang dilakukan dan dilaporkan oleh Pemda terkait pengendalian inflasi mulai dari pemantauan harga, rapat teknis TPID, hingga pemberian bantuan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Gubernur Kalimantan Utara turut memberikan sambutan, dan menekankan kembali 6 arahan Mendagri kepada seluruh perwakilan daerah, yaitu: memastikan ketersediaan stok/pasokan secara rutin, antisipasi dampak bencana yang disebabkan kondisi cuaca, lebih merinci jenis komoditas yang mengalami kenaikan dan penurunan harga, menetapkan target penurunan harga komoditas, melakukan rekonsiliasi data, hingga mengalokasikan anggaran untuk pengendalian inflasi dengan memanfaatkan Belanja Tidak Terduga (BTT).

Pada kesempatan ini, para kepala daerah atau yang mewakili menyampaikan upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan pemda dalam pengendalian inflasi di daerah. Agenda terdekat yang akan dilakukan yaitu operasi pasar murah menjelang lebaran Idul Fitri 1445 H yang akan dilaksanakan di kabupaten/kota se-Kalimantan Utara.

 

(Kominfo BPKP Kalimantan Utara)