BPKP Maluku Reviu Tata Kelola Proyek Strategis Nasional Bendungan Way Apu

   

BURU (1/3/2024) - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melalui Tim Bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) melakukan kunjungan lapangan dalam rangka Reviu Tata Kelola Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Way Apu Triwulan I Tahun 2024 di Kabupaten Buru.

Tim Bidang IPP Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melakukan kunjungan lapangan dalam rangka Reviu Tata Kelola Proyek Strategis Nasional Bendungan Way Apu di Kabupaten Buru untuk Triwulan I Tahun 2024. Dalam kunjungannya, tim didampingi langsung oleh PPK Bendungan Way Apu, pihak penyedia, dan konsultan supervisi. Dalam kunjungan tersebut, disampaikan bahwa proyek Bendungan Way Apu saat ini telah memasuki tahap pembangunan main dam. Proyek Strategis Nasional ini sendiri ditargetkan akan selesai tahun ini.

Bendungan Way Apu dirancang untuk dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Maluku terutama dalam hal ketersediaan air irigasi seluas 10.000 hektare, tersedianya air baku dengan debit 500 liter/detik, kemampuan mereduksi banjir sebesar 557 m3/detik, sebagai pembangkit listrik sebesar 8 mw yang mampu menerangi kurang lebih 8.750 rumah dengan daya 900 watt, serta sebagai tempat pariwisata baru yang akan menumbuhkan perekonomian daerah.

Kegiatan reviu yang dilakukan oleh BPKP ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan identifikasi permasalahan serta solusi atas kelancaran, akuntabilitas, dan efektivitas pelaksanaan PSN. Hasil reviu diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan bendungan.

 

(Tim Bidang IPP/MHZ)