Kepala BPKP Lantik Pejabat Eselon I dan II BPKP

   

JAKARTA (15/3/2024)  Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh memimpin upacara pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Jumat 15 Maret 2024. Acara yang diadakan secara luring di Auditorium Gandhi dan daring tersebut menunjukkan tingginya komitmen BPKP dalam meningkatkan kinerja organisasi.

Poin utama pelantikan ini adalah penunjukan Aryanto Wibowo sebagai Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman. Selain itu, delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama juga dilantik untuk mengisi posisi dalam struktur organisasi BPKP:

1. Ilham Nur Hidayat sebagai Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Tata Kelola.

2. Wawan Yulianto sebagai Direktur Pengawasan Bidang Pangan, Pengelolaan Energi, dan Sumber Daya Alam.

3. Sidi Purnomo sebagai Direktur Pengawasan Bidang Sosial dan Penanganan Bencana.

4. Yunaedi sebagai Direktur Pengawasan Badan Usaha Konektivitas, Pariwisata, Kawasan Industri, dan Perumahan.

5. Faeshol Cahyo Nugroho sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu.

6. Adi Gemawan sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat.

7. Setya Nugraha sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Heru Tarsila sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali.

Dalam pidatonya, Ateh menekankan bahwa pengembangan karir pegawai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan individu, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kinerja organisasi. Ia menegaskan bahwa penunjukan jabatan dalam organisasi BPKP didasarkan pada seleksi kualifikasi yang ketat.

“Parameter yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan, serta nilai pengabdian dan komitmen kepada tugas dan kewajiban kepada organisasi,” ujarnya.

Ateh juga menegaskan pentingnya pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) dalam setiap unit kerja. Dia meminta kepada para pimpinan unit untuk aktif dalam memperbaiki kualitas SDM yang ada di bawah naungan mereka.

“Saya menekankan kepada pimpinan unit agar betul-betul melakukan pembinaan atas SDM yang ada di unit kerja masing-masing,” pesan Ateh.

Pelantikan ini diharapkan dapat membawa angin segar dalam upaya BPKP untuk memberikan pengawasan yang efektif dan berkualitas ataspengelolaan keuangan dan pembangunan negara.

 

(Kominfo BPKP ws/iz)