Tutup Pelatihan, Kepala Perwakilan BPKP Jawa Tengah Minta Peserta Terus Tingkatkan Kompetensi

            

SEMARANG (1/3/2024) – Kepala Perwakilan BPKP  Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo resmi menutup Pelatihan Auditor Ahli Pertama bagi para APIP di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan dari tanggal 16 Februari sampai dengan 1 Maret 2024. Turut hadir Inspektur Provinsi Jawa Tengah Dhoni Widiyanto, Auditor Madya Pusdiklatwas BPKP Marini Ismayanti Sardi, dan Koordinator Pengawasan Bidang P3A Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Bagus Putu Santika selaku Panitia Penyelenggara, dan Subkoordinator Kepegawaian Djoko Moeljanto.

Tri Handoyo berpesan kepada para peserta diklat agar apa yang telah disampaikan oleh para narasumber dapat diterima dan dipahami dengan baik serta diimplementasikan di lingkungan kerja masing-masing. "Pelatihan ini menjadi bekal dalam menghadapi ujian sertifikasi sebagai auditor ahli pertama. Peningkatan kompetensi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para auditor, dinamika pemerintahan yang dinamis, serta perkembangan teknologi informasi dan bidang-bidang lainnya juga harus bisa diadaptasi dengan baik," tegas Tri.

Sebagai seorang auditor, kompetensi merupakan salah satu hal yang harus tetap terpelihara dengan baik untuk bekal dalam melaksanakan pengawasan, jelas Tri Handoyo. Auditor internal pemerintah juga berperan sebagai trusted advisor bagi pemerintah yang dituntut untuk adaptif, proaktif, dan solutif bagi penyelesaian permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah. Auditor harus mampu berkomunikasi dengan baik terhadap internal maupun eksternal organisasi.

Di lain pihak, Inspektur Provinsi Jawa Tengah Dhoni Widiyanto dalam paparannya menyampikan tugas pokok fungsi dari Inspektorat. Tujuan dari pengawasan adalah untuk meningkatkan pendayagunaan aparatur negara dalam melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan menuju terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih (good government and clean government). Salah satu faktor utama yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan Pengendalian Intern adalah efektivitas peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Ketua penyelenggara pelatihan Bagus Putu Santika sebelumnya menyampaikan tujuan dari kegiatan pelatihan auditor bagi para APIP di wilayah Jawa Tengah adalah untuk membentuk profesionalisme auditor dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan atas pelaksanaan kegiatan umum pemerintahan agar berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Pada penutupan acara, Tri Handoyo menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada tiga orang peserta pelatihan yang telah berhasil memperoleh predikat terbaik dalam perolehan kenaikan pretest dan posttest yang signifikan yaitu peringkat 3 Nurtyas Mei Setianadari Inspektorat Kabupaten Purbalingga, peringkat 2 Meiga Muhammad Yusuf dari Inspektorat Kabupaten Temanggung, dan sebagai peringkat 1 adalah Siti Azizah Sofiati dari Inspektorat Kabupaten Temanggung. Ketiga peserta diklat dengan nilai tertinggi tersebut menerima cendera mata serta pelepasan tanda peserta pelatihan secara simbolis oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo. Pelepasan tanda peserta juga dilakukan oleh masing-masing peserta pelatihan dengan melepaskan tanda kepesertaannya sebagai tanda berakhirnya pelatihan auditor ahli pertama.

 

(Kominfo BPKP Jateng/Din)