BPKP Bantu Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa Kabupaten Maluku Tengah Menggunakan Siskeudes Online

               

MASOHI (23/1/2024) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Maluku Tengah, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melaksanakan Pengaktifan dan Pelatihan Siskeudes Online pada Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan bertajuk ”Launching Siskeudes Versi 2.0.6 secara Online” digelar dalam rangka memberikan pengetahuan kepada perangkat desa terutama operator aplikasi Siskeudes Online masing-masing desa dalam memahami prosedur pengelolaan keuangan desa dan cara mengoperasikan aplikasi Siskeudes Online versi terbaru dengan tepat. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengaktifkan aplikasi Siskeudes pada Kabupaten Maluku Tengah yang sebelumnya offline menjadi online.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Pj. Bupati Kabupaten Maluku Tengah dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Selanjutnya Tim Panelis yang terdiri atas Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Maluku Tengah, Kepala KPPN Masohi, dan Tim BPKP menyampaikan materi terkait penggunaan dana desa dan pengenalan aplikasi Siskeudes Online versi 2.0.6.

Kemudian Tim BPKP menjelaskan langkah-langkah pengoperasian tata kelola keuangan desa pada aplikasi Siskeudes Online. Selain itu, Tim BPKP turut menjelaskan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Siskeudes, terutama fitur tambahan pada aplikasi Siskeudes versi 2.0.6.

Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Bupati Maluku Tengah pada hari Senin dan Selasa (22 - 23 Januari 2024). Turut dihadiri oleh hampir seluruh kepala desa, perangkat desa, dan operator Siskeudes masing-masing desa. Selain itu, dihadiri pula oleh camat, pendamping desa, dan pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Maluku Tengah.

 

(Tim Bidang APD)