BPKP Raih Penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi KASN 2023

                    

YOGYAKARTA (7/12/2023) – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melangsungkan event Anugerah Meritokrasi KASN 2023 di Yogyakarta pada hari Kamis, 7 Desember 2023. 

Pada event kali ini, KASN menganugerahkan penghargaan kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada kategori instansi pemerintah yang telah berhasil mengimplementasikan manajemen talenta dalam pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Penerapan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di BPKP masuk dalam kategori “Sangat Baik”, dengan nilai 372,5 dan indeks penerapan sistem merit dengan nilai 0,91. 

Dalam sambutannya, Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan bahwa pelaksanaan Anugerah Meritokrasi KASN 2023 merupakan wujud keteguhan KASN dalam mengawal pengawasan penerapan sistem merit di tengah masa transisi. Disahkannya UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara mengubah manajemen ASN secara substansial.

Agus mengajak dan mengingatkan kepada para peserta bahwa ASN harus mempertahankan integritas, profesionalisme, dan netralitas. ASN juga harus menjadi teladan, terutama menjelang pemilu serentak untuk menunjukkan pelayanan publik yang objektif, adil, dan bebas dari pengaruh politik.

Pada sesi berikutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, “Saya ucapkan selamat kepada instansi yang mendapatkan nilai indeks sistem merit kategori Baik dan Sangat Baik. Semoga upaya kita untuk membentuk ASN yang profesional dan berkelas dunia, dapat memberikan dampak kepada terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik dan masyarakat semakin sejahtera,” ujar Anas sebagaimana dilansir dalam laman KASN - www.kasn.go.id.

 

(Kominfo BPKP/BiroSDM, Foto: KASN RI)