BPKP Kalimantan Barat Dampingi Inspektorat Kubu Raya Implementasikan Siswaskeudes

 

SUNGAI RAYA  – Didaulat menjadi narasumber In-House Training Implementasi Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) di Inspektorat Daerah Kabupaten Kubu Raya pada Selasa, 16 November 2023, Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat bagikan kemudahan pengawasan kinerja keuangan desa dengan mengimplementasikan Siswaskeudes.

BPKP terus berinovasi membantu Aparat Pengawas Intern Pemerintah (AIPIP) baik di pusat maupun di daerah untuk digiunakan. Sebut saja Aplikasi Siswaskeudes dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP. Bertempat di Ruang Rapat Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Kubu Raya, Selasa 16 Oktober 2023 berlangsung In-House Training Implementasi Aplikasi Siswaskeudes. Kegiatan dihadiri oleh 14 orang Auditor dan P2UPD dari Inspektorat Daerah Kabupaten Kubu Raya, serta Tim BPKP. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman APIP tentang implementasi Siswaskeudes untuk mempermudah pelaksanaan pengawasan.

Kegiatan dimulai langsung dengan diskusi mengenai pengalaman dan kendala Auditor dan P2UPD dalam mengimplementasikan Aplikasi Siswaskeudes, seperti yang disampaikan oleh Koordinator Pengawasan Jabatan Fungsional 2, Wiwik Sutianingsih, “Kami sudah mulai mengimplementasikan aplikasi Siswaskeudes dalam melakukan pengawasan terhadap 17 Desa, namun kami perlu pendampingan lebih lanjut dari BPKP karena masih mengalami kendala dalam prosesnya”.

"Kami harap setelah kegiatan ini Itda Kubu Raya dapat mengimplementasikan Siswaskeudes secara berkelanjutan," jelas Wiwik.

Merespon hal tersebut, Tim BPKP menyatakan aplikasi ini memang masih perlu dikembangkan lagi melalui kerja sama antara BPKP dan Kemendagri agar dapat diimplementasikan secara optimal, namun juga perlu komitmen dari APIP untuk mengimplementasikannya secara berkelanjutan

Diharapkan aplikasi Siswaskeudes dapat memudahkan APIP dalam melakukan pengawasan kinerja keuangan Desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan apabila sudah diterapkan secara berkelanjutan.

 

(Kominfo BKP Kalbar, Bidang P3A/DSA)