BPKP Komiten Bantu Peningkatan Kapabilitas APIP

.

SEMARANG (24/5/2023) - Bertempat di ruang Aula Amarta Lantai 3 Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP Daerah. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 24 s.d 26 Mei 2023, diikuti oleh seluruh inspektorat provinsi/kabupaten/kota di wilayah kerja Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Bimtek dibuka resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo, sekaligus mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat datang di Pewakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah kepada seluruh peserta Bimtek serta penekanan APIP sebagai 3rd Line of Defense dalam Three Lines Model. Tri Handoyo mengharapkan agar inspektorat dan pemerintah daerah tidak hanya fokus pada pencapaian skor, tapi peningkatan kapabilitas APIP juga sebagai pemicu peningkatan kinerja organisasi. Selain itu Tri Handoyo juga menyampaikan tentang arah dan kebijakan BPKP dalam Pembinaan SPIP dan Kapabilitas APIP 2023 dan integrasi praktik Pengendalian Intern dan Manajemen Risiko dalam pencapaian tujuan dan pencegahan fraud.

Koordinator Pengawasan Bidang P3A Bagus Putu Santika selaku Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mewujudkan peran APIP yang efektif. Selain itu juga mendorong penyelesaian Evaluasi Mandiri Kapabilitas APIP paling lambat tanggal 30 Juni 2023 melalui Aplikasi Kapabilitas APIP. Bimtek diikuti oleh 30 inspektorat kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah dengan peserta masing-masing 3 orang dengan jumlah total 90 orang peserta.

Selanjutnya kegiatan diisi oleh pemateri dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Materi utama dalam bimtek ini adalah Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) yang disampaikan oleh PFA Bidang P3A  Amelia M. Bouato dengan moderator Pengendali Teknis Bidang APD Budi Piharyanto. Materi selanjutnya yaitu; Audit Kinerja, Assurance GRC dan Consulting; Audit dengan Tujuan Tertentu (Audit Ketaatan, Probity Audit, dan Audit Investigatif); dan diseminasi 4 panduan/pedoman (Panduan Audit Kinerja Tematik Ketersediaan Pangan, Panduan Audit Kinerja Tematik Kepariwisataan, Panduan Pengelolaan Audit BMD, dan Konsepsi Asurans atas Tata Kelola, Manajemen Risiko, dan Pengendalian Organisasi K/L/D). Kegiatan berlangsung penuh antusias dengan semangat peningkatan capaian kapabilitas APIP level 3. Turut hadir Koordinator Pengawasan Bidang APD-2 Ipung Heswara.

(Kominfo BPKP Jateng Irfan/Din)