Peningkatan Kompetensi Melalui Audit Kinerja

.

TARAKAN – Di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara telah digelar kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIPse-Kalimantan Utara dengan tema "Peningkatan Kompetensi Melalui Audit Kinerja". Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Inspektorat se-Kalimantan Utara. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 20-21 Maret 2023.

Pembukaan workshop ini dilaksanakan pada Senin (20/3/2023) oleh Inspektur dari Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Utara, dilanjutkan paparan overview Audit Kinerja oleh Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3APIP) Deni Erwanto. Deni menjelaskan pengertian dan karakteristik audit kinerja, serta konsep ekonomis, efisien, dan efektif.

Paparan kemudian dilanjutkan oleh Pejabat Fungsional Auditor (PFA) pada Bidang P3APIP Yoyok Suyoko. Ia menjelaskan mengenai indikator kinerja, metodologi audit kinerja, dan simulasi/praktik audit kinerja. Ada tiga metodologi yang dijelaskan yaitu Program LogicIntegrated Performance Management System (IPMS) dan Balanced Scorecard.

Pada hari kedua kegiatan workshop, Selasa (21/3/2023) acara dimulai dengan pengarahan dari Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara Felix Joni Darjoko. Ia menjelaskan tentang kerangka praktik profesional pengawasan intern. Berikutnya, Yoyok melanjutkan pembahasan simulasi/praktik audit kinerja dan ditutup dengan pembahasan Perencanaan Pengawasan Berbasisi Risiko (PPBR).

 

(Kominfo BPKP Kaltara/Bidang P3APIP)