Aplikasi Evkin Mandiri PDAM untuk Kemandirian PDAM di Provinsi Maluku

.

AMBON (16/3/2023) - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melalui Bidang Akuntan Negara (AN) melaksanakan sosialisasi Aplikasi Evaluasi Kinerja (Evkin) Mandiri PDAM kepada seluruh PDAM di Provinsi Maluku.

Kegiatan sosialisasi dipimpin oleh Pengendali Teknis Bidang Akuntan Negara (AN) Iwan Herawan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator Pengawasan Bidang AN Dimas Arya Pradana dan sambutan oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (DPD Perpamsi) Provinsi Maluku Calvin Tahamata.

Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka penilaian kinerja mandiri bagi PDAM di Provinsi Maluku. Aplikasi Evkin Mandiri PDAM dikembangkan agar PDAM di Provinsi Maluku dapat menilai kinerja secara mandiri dan mengetahui skor kinerja berdasarkan indikator Kementerian PUPR dan Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999.

Pengenalan aplikasi Evkin Mandiri PDAM ini diawali dengan instalasi Virtual Private Network berupa Global Protect dan dilanjutkan dengan pengenalan menu-menu yang ada di aplikasi. Tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menjelaskan bahwa aplikasi tersebut telah difasilitasi dengan penilaian empat aspek kinerja, yaitu aspek keuangan, aspek operasional, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dan aspek pelayanan.

Tim juga mengharapkan agar semua PDAM di Provinsi Maluku dapat segera mengisi data-data yang dibutuhkan di aplikasi dan dapat mengetahui nilai kinerja secara mandiri sebelum dilakukannya evaluasi oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

(Tim Bidang AN/SRA)