BPKP DIY dan APIP Daerah Koordinasikan Pengawasan Program P3DN

.

YOGYAKARTA (3/3/2023) - Bertempat di Hotel New Shapire Yogyakarta, diselenggarakan FGD Percepatan Program Pengingkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sebagai Katalisator Pertumbuhan Ekonomi Daerah.

Staf Ahli Administrasi Umum Hari Wahyudi mewakili Pj. Wali Kota dalam sambutannya menyatakan bahwa Program P3DN ditempuh melalui pembangunan industri lokal, percepatan proses digitalisasi dalam pengadaan, serta harus didukung komitmen Pemerintah Daerah.

Sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional, salah satu upaya yang ditempuh pemerintah adalah melalui percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi. Program Pengingkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dapat mendorong pembangunan pengembangan industri lokal untuk mengantisipasi tingginya produk lokal mengganti produk import. Strategi percepatan proses digitalisasi dilakukan melalui pengalihan proses pengadaan langsung dan penunjukkan langsung menuju e-purchasing. Strategi ini akan berhasil jika didukung oleh komitmen pemerintah kota beserta seluruh perangkat daerahnya.

Mendukung hal tersebut, BPKP berkoordinasi dengan APIP Daerah bertugas melakukan pengawasan atas Program P3DN. Harapannya, keberhasilan program akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, dan penguatan industri dalam negeri untuk kemandirian bangsa.

FGD yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kota Yogyakarta ini menghadirkan narasumber dari Perwakilan BPKP DIY Agus Widodo, Direktur Advokasi Pemerintah Daerah LKPP Pusat Iwan Herniwan, dan Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Wisnu, serta dihadiri seluruh Kepala Perangkat Daerah.

(Kominfo BPKP DIY/Evie)