Bersama BPKP, PT MCTN Tingkatkan Penerapan GCG

.

DURI (16/2/2023) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara Anto Hendrarto melakukan supervisi pada tim Assesment (diagnostic assessment) Penerapan GCG pada PT MCTN Tahun Buku 2022 di Duri Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Supervisi ini dilakukan untuk memastikan seluruh langkah dan proses pelaksanaan diagnostic assesment penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada PT MCTN berjalan dengan baik.

Direktur Utama PT MCTN Junaidi Abdi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan kepada tim assesor Perwakilan BPKP Provinsi Riau atas kesediaannya dalam melakukan diagnostic assesment penerapan GCG pada PT MCTN. Hal senada juga disampaikan oleh Komisaris PT MCTN, Bambang Iswanto melalui saluran zoom pada pelaksanaan entry meeting diagnostic assesment PenerapanGCG PT MCTN Tahun Buku 2022 pagi itu. Junaidi Abdi berharap hasil dari assesment ini mendeteksi Area of Improvement dalam rangka meningkatkan kualitas penerapan GCG di PT MCTN.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT MCTN Junaidi Abdi menjelaskan bahwa, PT MCTN adalah perusahaan yang baru saja diakuisisi oleh PT PLN (Persero) pada Agustus 2021 lalu.  PT MCTN bergerak di bidang pembangkit energi listrik dan uap yang memasok kebutuhan operasional eksplorasi minyak di Pertamina Blok Hulu Rokan. PT MCTN berdiri sejak 1998, perusahaan ini dahulunya merupakan anak perusahaan Chevron Standard Limited (CSL) yang memegang kontrak dengan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI).

Lebih lanjut, Junaidi Abdi menjelaskan bahwa, dengan Gas Turbine Co-generationnya, PT MCTN telah beroperasi secara andal dan menjadi andalan bagi Pertamina Hulu Rokan dalam menjaga kontinuitas produksi minyak. PT MCTN memproduksi listrik sebesar 70% atau sekitar 280MW pada sistem blok Pertamina Hulu Rokan, termasuk produksi uap dengan kontribusi 70% terhadap kebutuhan ekplorasi Duri atau sebesar 46.850 Ton/hari. Dalam operasionalnya, PT MCTN mendapat suplai fuel gas untuk bahan bakar turbin gas dan feed water untuk bahan baku uap dari Pertamina Hulu Rokan. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dan support yang baik dari PT MCTN kepada tim assesor dari Perwakilan BPKP Provinsi Riau dalam pelaksanaan diagnostic assesment Penerapan GCG di PT MCTN. Disamping itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir mengatakan bahwa tim assesment dari Perwakilan BPKP Provinsi Riau akan melaksanakan diagnostic assesment Penerapan GCG pada PT MCTN Tahun Buku 2022 sesuai standar mutu ISO 9001:2015.

Di akhir pelaksanaan entry meeting pelaksanaan diagnostic assesment penerapan GCG pada PT MCTN, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir didampingi oleh Direktur Utama PT MCTN Junaidi Abdi bersama jajarannya melihat secara langsung pada unit-unit pembangkit energi listrik pada area operasional PT MCTN di NorthDuri Cogeneration (NDC) Plant Lapangan Minyak Duri, wilayah Kerja Rokan Area 11 Duri,Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.  

(Tim Kominfo BPKP Riau / Setia Hadi Pranoto)