BPKP Dorong Pemda Rancang Kegiatan Pencapaian Program Pembangunan Efektif

.

PONTIANAK – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto mengikuti Arahan Kepala BPKP dan Diseminasi Ketentuan Pelaksanaan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) Pemerintah Daerah Tahun 2023 bersama Kedeputian Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP.

Dalam kegiatan yang digelar secara daring pada Kamis (2/2/2023), Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh memberikan arahan kepada seluruh Kepala Perwakilan BPKP di seluruh Indonesia.

Yusuf Ateh menyampaikan peran kepala perwakilan dan direktur, khususnya dalam kegiatan evaluasi perencanaan dan penganggaran Pemerintah Daerah yang dilakukan BPKP di bawah komando Kedeputian Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP.

Ada beberapa hal yang harus dilaksanakan kepala perwakilan dan direktur untuk dapat meningkatkan kembali kegiatan evran menjadi lebih efektif sehingga program pembangunan bisa tercapai. Kepala Perwakilan dan Direktur dapat membuka komunikasi dengan kepala daerah/menteri/kepala lembaga; menyakinkan kepala daerah/menteri/kepala lembaga memahami tujuan dan manfaat evaluasi; melakukan reviu secara detail atas pelaksanaan evaluasi dan menyampaikan hasil evaluasi kepada kepala daerah/menteri/kepala lembaga.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Raden Suhartono juga memberikan sambutan untuk mendorong para kepala perwakilan dalam mengomandoi pelaksanaan Evran Tahun 2023. Tak hanya itu, dalam kesempatan itu pula Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Salamat Simanullang juga turut memberikan sambutannya mengenai pelaksanaan evran yang juga sedang digodok untuk kementerian dan lembaga.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto didampingi bersama Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Agus Dwi Praptama, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Ade Prianto, Pengendali Teknis Redjo Eko Warsito, Pengendali Teknis Soeatmi Hariyati dan juga tim Bidang APD kemudian mengikuti diseminasi ketentuan pelaksanaan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Daerah Tahun 2023 yang disampaikan oleh Koordinator Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah Wilayah II pada Kedeputian Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Agus Rianto dan tim Evran Tahun 2023.

Diharapkan pelaksanaan Evran Tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar serta dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat membantu pemerintah daerah untuk merencanakan kegiatan yang efektif dalam rangka pencapaian program pembangunan.

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)