BPKP Sulsel Bantu Pemkab Luwu Timur Lebih Akuntabel melalui FMIS

.

MAKASSAR (22/12/2022) - BPKP terus mengembangkan metode pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan. Financial Management Information System (FMIS) memanfaatkan penggunaan teknologi informasi untuk dapat memberikan kemudahan dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih akuntabel, transparan, dan partisipatif.

Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur menyelenggarakan coaching clinic penginputan rencana kinerja anggaran tahun 2023 mealui aplikasi Financial Management Information System (FMIS). Diselenggarakan mulai 20-22 Desember 2022, pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 170 peserta dari berbagai organisasi perangkat daerah dan puskesmas di wilayah Kabupaten Luwu Timur.

FMIS memberikan kemudahan pengelola keuangan daerah untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan anggaran, pelaksanaan dan pelaporan pengeluaran, serta pengelolaan pendapatan secara otomatis. Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Rizal Suhaili dalam sambutannya menyampaikan aplikasi FMIS yang dikembangkan oleh BPKP aplikasi berbasis web. “Di manapun pemegang aplikasi ini berada dia bisa melihat semua isinya, sesuai dengan level aksesnya. Keunggulan lainnnya seperti cashless management transaction dengan Bank Sulselbar diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” jelas Rizal

“Terima kasih kepada kepala perwakilan dan tim yang telah memberikan pendampingan kepada kami Kabupaten Luwu Timur di dalam penginputan RKA melalui aplikasi FMIS ini, tentunya dukungan-dukungan kedepan sangat kami harapkan juga dalam setiap kegiatan aktivitas kita terutama teman-teman di perencanaan,” ungkap Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Luwu Timur.

FMIS akan terus dikembangkan mengukuti kebutuhan para penggunanya, selain berkerjasama dengan Bank Sulselbar untuk cashless management transaction FMIS  dikembangkan untuk dapat digunakan beriringan dengan aplikasi yang sudah ada salah satunya pengembangan interfrace yang akan menghubungkan FMIS dengan aplikasi SPD.

(Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)