BPKP Kalteng Wujudkan Akuntabilitas Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa di Kabupaten Katingan

.

KATINGAN (28/9/2022) - Tim Bidang Akuntan Negara BPKP Kalteng didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan melaksanakan asistensi penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Desa Tampelas - Kecamatan Kamipang serta Desa Tumbang Tanjung - Kecamatan Pulau Malan.

Asistensi dilakukan dalam bentuk bimbingan dan pendampingan kepada para pengurus BUM Desa guna meningkatkan kemampuan mereka dalam menatausahakan, membukukan, dan melaporkan transaksi keuangan agar terwujudnya transparansi pertanggungjawaban keuangan.

Selain itu, tim juga melakukan pemantauan terhadap lini bisnis di kedua BUM Desa tersebut berupa madu dan juga pilot project SISKA (sistem integrasi sapi kelapa sawit), di mana kegiatan tersebut merupakan hibah dari CSR perusahaan sawit dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Karena manfaat BUM Desa yang begitu besar untuk menunjang perekonomian di desa, maka perlu disusun laporan keuangan sebagai bentuk akuntabilitas agar terwujudnya transparansi/keterbukaan informasi serta menjadi alat dalam pengambilan keputusan bagi pengurus BUM Desa maupun pemangku kepentingan lainnya.***

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)