Pembangunan Smelter Pasir Besi dan Vanadium Dikawal BPKP Malut

.

TERNATE - Berlandaskan Perpres Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan monitoring atas pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) triwulan III tahun 2022 di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Penugasan ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait progres PSN yang sedang berjalan serta permasalahan yang nantinya diberikan saran sebagai alternatif sehingga setiap permasalahan dapat segera ditindaklanjuti. Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menurunkan tim untuk melakukan monitoring, salah satunya pada PT Alchemist Metal Industry di Kabupaten Halmahera Utara.

Monitoring ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan pembangunan smelter pengolahan pasir besi dan vanadium berjalan sesuai rencana. Pengawasan ini dilaksanakan pada 21 sampai 23 September 2022

PSN diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan hilirisasi sumber daya alam dan alih teknologi, penggunaan produk dalam negeri, dan mendorong pembangunan wilayah Indonesia Timur, khususnya di Maluku Utara melalui kemitraan dengan UMKM setempat serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, sehingga dapat mendorong penurunan tingkat pengangguran terbuka.

(Kominfo BPKP Malut/Haratua)