Dikawal BPKP Pabar, Penyaluran BLT BBM di Manokwari Selatan Capai 66 Persen

.

RANSIKI (24/9/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Zainuri, didampingi Korwas IPP, Korwas AN, dan tim melakukan pemantauan langsung atas penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM yang dibayarkan di Kantor Pos Cabang Pembantu di Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan. Penyaluran BLT BBM sebesar Rp150.000,00 per bulan ini dibayarkan sekaligus dua bulan untuk periode September dan Oktober 2022 kepada masyarakat kurang mampu yang sebelumnya telah terdaftar di DTKS.

Menurut penjelasan Kepala Kantor Pos Manokwari, BLT BBM di Kabupaten Manokwari Selatan telah tersalur 66% atau 1.805 penerima dari 2.752 calon penerima terdaftar. Penyaluran BLT BBM di Kabupaten Manokwari Selatan tertinggi di antara penyaluran di Wilayah Kerja Kantor Pos Cabang Manokwari yang meliputi Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Pegunungan Arfak. Hingga saat ini secara keseluruhan BLT BBM baru tersalurkan sebesar 51%, yang diantaranya disebabkan pada Kabupaten Pegunungan Arfak, belum tersalurkan karena kendala geografis dan teknis mekanisme penyaluran yang masih menunggu keputusan Pusat.

Kantor Pos Ransiki dalam melaksanakan penyaluran senantiasa melakukan verifikasi syarat administrasi calon pengambil bantuan dengan meneliti kebenaran identitas diri berupa KTP yang disesuaikan dengan Database Calon Penerima Bantuan serta melakukan perekaman visual berupa foto penerima bantuan tersebut agar tidak terjadi salah salur kepada penerima yang tidak sesuai dengan data yang ada dan pengambilan berulang. 

Dalam penyaluran bantuan masih mengalami kendala berupa intimidasi dari masyarakat, seperti pemalakan dan ancaman pemalangan Kantor Pos Ransiki tempat pelayanan penyaluran bantuan. Hal ini tentunya akan mengganggu kelancaran dan akselerasi penyaluran bantuan sesuai dengan harapan pemerintah pusat agar BLT BBM segera tersalurkan 100%. Untuk itu, perlunya perhatian Pemda dan Aparat setempat dalam mengantisipasi dan mencegah gangguan keamanan atas kelancaraan program pemerintah khususnya percepatan penyaluran BLT BBM.

(Kominfo BPKP Pabar)