BPKP Sulsel Selenggarakan Diklat Probity Audit PBJ bagi Pegawai Inspektorat Kab. Yalimo

.

MAKASSAR (2/9/2022) - Pendidikan dan Pelatihan Probity Audit Pengadaan Barang dan Jasa bagi pegawai Inspektorat Kabupaten Yalimo Papua akan membantu auditor Inspektorat Yalimo untuk dapat bekerja dengan lebih profesional dalam pengadaan barang dan jasa sehingga proses pengadaan barang/jasa (PBJ) dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Kegiatan pengawasan yang dilaksanakan auditor dapat menjadi masukan bagi penyelenggara pemerintah daerah untuk terhindar dari risiko penyimpangan ataupun kerugian yang dapat terjadi. Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Alfiandry menyampaikan bahwa sebagai auditor ada paradigma baru yang dibangun, di antaranya menambahkan value bagi unit kerja, mencegah terjadinya kegagalan proses bisnis organisasi, bersikap preventif, serta fokus pada performance atau kinerja. Paradigma tersebut yang kemudian mempengaruhi auditor bekerja dalam menjalankan tugas pengawasan.

Probity audit dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini dapat berjalan secara simultan baik dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan. "Ketika terjadi penyimpangan di awal Bapak/Ibu dapat dengan segera mengingatkan (penyelenggara tentang adanya) penyimpangan terhadap SOP ataupun target (tujuan kegiatan). Masukan dalam rangka perbaikan dapat diberikan dengan segera, sehingga dampak atau risiko yang mungkin terjadi dapat dengan segera dihindari dan kinerja baik dapat tetap terjaga," jelasnya.

BPKP mengharapkan adanya penguatan peran APIP daerah sebagai penasihat terpercaya kepada pemerintah daerah. Kehadiran aparat pengawasan diharapkan dapat memberikan nilai tambah dengan berperan aktif dalam memberikan masukan-masukan penting dalam pengambilan keputusan. Penguatan peran APIP di daerah membantu BPKP secara nasional sehingga strategi pengawasan (yang dilaksanakan BPKP) terhadap pembangunan dapat dikawal dengan baik. Dengan mengikuti pelatihan ini, ia juga berharap akan ada perubahan yang dapat diberikan para peserta setelah menyelesaikan diklat, khususnya dalam hal pengadaan barang dan jasa di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Yalimo.

Mica Jhonson salah satu peserta diklat menyampaikan apresiasinya atas kerja sama BPKP dan Inspektorat dalam penyelenggaraan diklat ini. Pelatihan yang diberikan sangat berkesan baginya. “Mudah-mudahan (diklat ini) menjadi referensi bagi kami auditor, untuk melaksanakan tugas-tugas di unit kerja kabupaten Yalimo. Harapan kita bersama apa yang sudah diterima menjadi bekal untuk kita semua,” aku Mica.

Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Syarwan menyampaikan hal senada, ia mendorong agar pengetahuan yang didapatkan saat mengikuti pelatihan diimplementasikan di unit kerja. “Dengan probity ini kita berharap, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Yalimo. Setidaknya bisa menekan (terjadinya) peristiwa hukum dari pengadaan barang dan jasa,” jelasnya. Probity audit merupakan salah satu bagian dari jenis audit, Syarwan menjelaskan auditor perlu dibekali berbagai macam pelatihan lainnya seperti audit investigasi, audit penghitungan kerugian negara, dan menjadi pemberi keterangan ahli di pengadilan. Auditor juga didorong untuk aktif memperbaharui pengetahuan dalam hal kriteria/ peraturan. “Update kriteria/ aturan, baca aturan apapun aturan yang terkait dengan tugas kita-kita harus menguasainya,” ungkapnya.

Pendidikan dan Pelatihan Probity Audit Pengadaan Barang dan Jasa bagi pegawai Inspektorat Kabupaten Yalimo Papua dilaksanakan pada 29 Agustus sampai dengan 2 September 2022 dan diikuti oleh 31 Auditor dari Inspektorat Kabupaten Yalimo.

(Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)