Menumbuhkan Kompetensi Audit Kinerja secara Berkelanjutan

Tanjungpinang (22/06) – Bertempat di Hotel Pelangi Kota Tanjungpinang, telah dilaksanakan Diklat Audit Kinerja bagi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Daerah wilayah Kepulauan Riau selama 5 hari, mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 22 Juni 2019.

Turut hadir dalam penutupan diklat audit kinerja pada hari ini, yaitu Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi Ahmad Fauzi, Sekretaris Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau Yudha Prayitno, dan para peserta serta panitia diklat audit kinerja bagi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Daerah wilayah Kepulauan Riau.

Adapun materi yang disajikan dalam Diklat Audit Kinerja ini, yaitu Konsep Dasar Audit Kinerja, Perencanaan Audit Kinerja - Penetapan Tujuan dan Lingkup Penugasan, Pemahaman Auditan - Tujuan dan Sasaran, Penilaian Kecukupan Indikator Kinerja, Perencanaan Audit Kinerja - Identifikasi dan penilaian risiko, Identifikasi dan Evaluasi Pengendalian, Penyusunan Program Kerja Audit, Pelaksanaan Audit Kinerja, serta Penyusunan Laporan Hasil Audit Kinerja.

Dalam penyelenggaraan Diklat Audit Kinerja ini, tingkat kehadiran peserta sebanyak 100%, dengan didukung skor evaluasi materi diklat, yaitu 3,69 (Baik) dan skor evaluasi instruktur diklat, yaitu 3,81 (Baik). Peserta yang memperoleh skor terbaik, yaitu Nurmaliza Listia dari Inspektorat Kabupaten Lingga, Ade Pratama dari Inspektorat Kabupaten Lingga, dan Dwi Junila Sari dari Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi Ahmad Fauzi menyampaikan bahwa Diklat Audit Kinerja ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kualitas hasil audit kinerja, termasuk pemberian rekomendasinya yang lebih bersifat 3E. “Melalui diklat audit kinerja ini, perbaikan tata kelola dan manajemen pemerintah akan bisa dicapai dengan rekomendasi yang lebih stratejik kepada stakholder pemerintah daerah”, ujarnya.

Menutup diklat audit kinerja ini, Ahmad Fauzi juga mengharapkan agar upaya peningkatan kapabilitas APIP ini tidak berhenti di Diklat Audit Kinerja ini saja, sehingga kedepannya ada dukungan dan semangat yang lebih tinggi lagi ke depannya.

(Humas BPKP Kepri)