Bimbingan Teknis Manajemen Risiko pada BLU Poltekkes Bengkulu

Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu memberikan bimbingan teknis penerapan Manajemen Risiko (MR) pada Badan Layanan Umum Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Provinsi Bengkulu (27/02). Kegiatan yang dilaksanakan di Poltekkes Bengkulu ini berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 20-24 Februari dan 27 Februari 2023.

Bimbingan teknis diikuti oleh seluruh pegawai di Unit Satuan Pengawasan Internal (SPI) Poltekkes Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi, wawancara, pemetaan, serta pengumpulan dokumen terkait eksistensi MR. Selanjutnya Tim dari Bidang Akuntan Negara BPKP Bengkulu melakukan analisis dan menyimpulkan kondisi penerapan MR.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, Tim BPKP Bengkulu dan Tim Poltekkes Bengkulu melakukan pembahasan melalui focus group discussion (FGD) terkait kondisi, area yang memerlukan perbaikan, dan strategi peningkatan level maturitas penerapan MR. Pegawai SPI Poltekkes Bengkulu mempelajari manajemen risiko dan kapabilitas SPI dengan antusias. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Poltekkes Bengkulu dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan berbasis risiko yang diukur dengan peningkatan level maturitas Manajemen Risiko.