Perkuat Komitmen, BPKP dan Seluruh Inspektorat Targetkan SPIP Terintegrasi dan Kapabilitas APIP

Pangkalpinang, (19/04) Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan dengan tema “Sinergi Pengawasan APIP Mewujudkan Pemerintah Daerah Akuntabel”.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faeshol Cahyo Nugroho dan dihadiri oleh Inspektur Provinsi Susanto, Inspektur Kabupaten/Kota yang didampingi oleh para Irban serta Koordinator Pengawas di Lingkungan Kantor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kaper Faeshol Cahyo menyampaikan Arahan Presiden terkait peran BPKP dan APIP; Akuntabilitas di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masih perlu ditingkatkan khususnya Level Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP; Profil Assurance dan Consulting; Kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, Pemda, dan Desa; Profil Pengelolaan Keuangan Desa; Permasalahan BUMD, BLUD, dan BUMDesa; dan Sinergitas Pengawasan Keinvestigasian.

Para Inspektur juga menyampaikan sharing terkait upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintah daerah dan kendala-kendala yang dijumpai.

Dalam rakor telah disepakati program“Serumpun Sebalai BerKAh”atau “Serumpun SebalaiBerbagi Kapabilitas APIP Daerah”. Program ini terdiri atas kesepakatan untuk menyelenggarakan Rakor Pengawasan dua kali dalam satu tahun dan kegiatan PKS/PPM dua kali dalam sebulan dengan tema diusulkan bersama sesuai kebutuhan semua Inspektorat, termasuk terkait Perusda dengan peserta dan penyaji dari BPKP dan Inspektorat.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Komitmen bersama Peningkatan Akuntabilitas Pemerintah Daerah dengan Level 3 pada Maturitas SPIP, MRI, IEPK, dan Kapabilitas APIP oleh Kepala Perwakilan BPKP Babel dan seluruh Inspektur di Wilayah Babel.