Dongkrak Kualitas SDM, BPKP Sulut Gelar Workshop

Pada pengarahannya dihadapan pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utaradalam acara pembukaan Workshop peningkatan kapabilitas dan kompetensi SDM Bidang Keakuntannegaraan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Gatot Darmasto, Ak., MBA., CA., CFrA., CRMA menyampaikan bahwa dengan telah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, maka BPKP mengemban tugas yang jauh lebih luas, yaitu mencakup tugas penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional.

“BPKP kini menjadi salah satu dari lima pilar disamping Sekretaris Negara, Kepala Staf Kepresidenan, Sekretaris Kabinet, dan Bappenasdan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Hal tersebut membawa konsekuensi bahwa BPKP harus mampu menyediakan informasi yang up to date mengenai hasil-hasil pengawasan keuangan dan pembangunan nasional. Dengan mempertimbangkan tingkat prioritas dan risiko, maka seluruh kinerja program prioritas nasional yang pelaksanaannya melibatkan daerah (Provinsi, Kabupaten dan Kota) harus terinformasikan kepada Presiden.Deputi Akuntan Negara khususnya, telah menindaklanjuti melalui pembentukan Satgas Current Issues, dimana setiap harinya akan menyampaikan dan melaporkan perkembangan isu strategis yang berkaitan dengan Keakuntannegaraan kepada Kepala BPKP”. Demikianurai Gatot yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Adil Hamonangan Pangihutan.

Sejalan dengan amanat yang diberikan melalui Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014, dan dalam rangka membekali para auditor guna mengantisipasi tugas-tugas baru yang harus diemban khususnya yang berkaitan dengan Keakuntannegaraan, maka  pada hari Rabu hingga Jumat, tanggal 4 sampai dengan 6 Maret 2015 telah diselenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Bidang Keakuntannegaraan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan tersebut melibatkan tiga Satgas Deputi Akuntan Negara, yakni Satgas Good Corporate Governance (GCG) BUMD, Satgas Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BLUD, dan Satgas SIA PDAM, langsung di bawah komando Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara.

Kegiatan workshop melibatkan pemateri Direktur Pengawasan Badan Usaha Milik Daerah pada Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP,I Nyoman Sardiana, Ak., MM., CA., CFrA, Kasubditwas BUMD, Industri dan Jasa Lainnya, Maringan Silalahi, SE. MM berikut empat orangstaf Pejabat Fungsional Auditor Deputi Akuntan Negara yang mendampingi.

WorkshopPeningkatan Kompetensi Bidang Keakuntannegaraan tersebut diikuti oleh 37 PFA di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.Workshop secara resmi ditutup pada tanggal 6 Maret 2015 oleh Direktur Pengawasan Badan Usaha Agrobisnis, Jasa Konstruksi dan Perdagangan, Bambang Utoyo, Ak., M.Si.

(humas sulut-IJU)