Penilaian Pengendalian Intern dan Inventarisasi Persediaan Beras Kantor Gudang BULOG Divre Sulteng

Pada hari Kamis, tanggal 1 Maret 2018 bertempat di kantor BULOG Divre Sulawesi Tengah dimulai kegiatan penilaian pengendalian intern dan inventarisasi persediaan beras kantor gudang BULOG Divre Sulawesi Tengah. Entry meeting dilakukan bersama Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Tengah, Kepala Bidang Pengadaan & OPP Divre Sulawesi Tengah, dan Tim Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan penilaian pengendalian intern dan inventarisasi beras dilakukan dalam rangka melakukan pengawalan akuntabilitas atas kebijakan/strategi yang diambil Pemerintah dalam pengelolaan persediaan beras nasional dan mendorong Governance Stock beras, dengan langkah awal melakukan kegiatan penilaian pengendalian intern dan pengujian stock beras pada kompleks pergudangan Perum BULOG. Penilaian pengendalian intern dan inventarisasi persediaan beras di kantor gudang BULOG Divre Sulawesi Tengah dilakukan bersama Tim Inventarisasi Perum BULOG denganruang lingkup stockberas di gudang BULOG Divre Sulawesi Tengah per tanggal 28 Februari 2018. Pelaksanaan  penilaian pengendalian intern dan inventarisasi beras dilaksanakan mulai tanggal 1 s.d. 9 Maret 2018.

Inventarisasi persediaan beras operasional BULOG Divre Sulawesi Tengah dilakukan dengan metodologi sampling minimal 30% dari persediaan beras operasional BULOG Divre Sulawesi Tengah tanpa Persediaan Dalam Perjalanan (PDP) posisi tanggal 28 Februari 2018. Sampling dilakukan pada GBB Tondo dan GBB Tolai. Tim BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah memulai kegiatan dengan melakukan pengujian atas keandalan Sistem Pengendalian Intern dan Manajemen Risiko Divre dan kompleks pergudangan serta dokumen yang diserahkan oleh Perum BULOG kepada BPKP terkait dengan inventarisasi persediaan beras. Selanjutnya Tim BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah melakukan pengujian akurasi data persediaan operasional beras di Gudang BULOG sesuai SOP Pelaksanaan Stock Opname, melaksanakan stock opname beras di kompleks pergudangan bersama Tim Inventarisasi Perum BULOG, melakukan rekonsiliasi antara pencatatan persediaan fisik beras dengan persediaan operasional di Kompleks Pergudangan Gudang BULOG yang dilakukan inventarisasi, dan memperoleh informasi tambahan tentang stock beras di luar Perum BULOG.

Pelaksanaan inventarisasi beras berjalan sesuai dengan jadwal. Hasil kegiatan inventarisasi disampaikan oleh Tim Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah kepada Kepala BULOG Divre Sulawesi Tengah dan jajaran terkait pada hari Kamis tanggal 8 Maret 2018. Diharapkan akuntabilitas atas kebijakan/strategi yang diambil Pemerintah dalam pengelolaan persediaan beras nasional dan mendorong Governance Stock beras dapat berjalan dengan baik.

(Salam Kabeloa)