BPKP Riau dan Pemko Dumai Berkolaborasi Tingkatkan Maturitas SPIP

Dumai (30/8/2021) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai bekerja sama dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi. Kegiatan digelar di Balai Sri Bunga Tanjung tanggal 30 Agustus – 3 September 2021.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir dalam sambutannya berharap dengan kegiatan Bimtek ini terjadi akselerasi implementasi SPIP di Pemerintah Kota Dumai sehingga mendapatkan Level 3.

“Saya yakin dengan kerja sama yang erat, komitmen serta arahan dan bimbingan dari pak wali kota tahun ini bisa menjadi Level 3” ucap Fauqi.

Fauqi menjelaskan bahwa SPIP merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, setiap Kementerian/Lembaga/Pemerintah daerah, diwajibkan untuk menyelenggarakan SPIP dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas APIP, pengelolaan risiko, dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan." ucapnya.

Walikota Dumai, H. Paisal dalam arahannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan rombongan dan Tim SPIP dari BPKP Pusat yang berkenan hadir di Kota Dumai dalam rangka memeberikan Pembinaan Implementasi SPIP Terintegritas untuk Pemko Dumai.

"Kita sadari bahwa SPIP Pemko Dumai masih berada pada level 2. Walaupun penilaian Tim BPKP Riau pada Tahun 2018 sudah mendapat score nilai 3,0602 atau sudah berada pada level 3, artinya kita harus memacu untuk lebih baik lagi. Kepatuhan aparatur terhadap peraturan perundang-undangan harus digenjot sehingga dapat mendongkrak performance Kota Dumai secara keseluruhan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, H. Paisal menekankan, khususnya kepada Kepala OPD dan Camat, untuk lebih serius memahami dan memperhatikan serta berkomitmen terhadap komponen SPIP Terintegrasi.

"Karena hal ini sangat penting dalam rangka meningkatkan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kota Dumai," pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai dengan tujuan untuk memperkuat sinergitas kerja sama diantara para pihak dalam melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah guna terwujudnya penyelenggaraan pemerintah daerah yang akuntabel dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah yang kapabel.

Turut hadir dalam Bimtek ini, Pj. Sekretaris Daerah Kota Dumai, Para Asisten dan Staf Ahli Sekretariat Daerah Kota Dumai, Kepala OPD atau yang mewakili serta para Camat dilingkup Pemko Dumai.

(Kominfo BPKP Riau)