BPKP Riau Gelar Acara Pelepasan dan Pindah Tugas Pegawai

Acara Pelepasan dan Pindah Tugas Pegawai ini diisi dengan penyampaian pesan dan kesan serta pemberian cindera mata dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin dan dari Korpri BPKP Perwakilan Provinsi Riau. Pegawai yang pindah tugas tersebut adalah Bambang Widianto, Auditor Muda BPKP Perwakilan Provinsi Riau yang berpindah tugas ke BPKP Perwakilan Yogyakarta dan Yestri Nedi, Auditor Muda BPKP Perwakilan Provinsi Riau yang berpindah tugas ke BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, serta Eka Winda Silitonga yang akan melaksanakan tugas belajar S2 di Universitas Indonesia di Depok. Bambang dan Yestri Nedi pindah atas permintaan sendiri, setelah 6 tahun 4 bulan dengan SK yang sama. Meski berbeda perwakilan tujuan mutasi, tetapi keduanya  memiliki tujuan pribadi yang sama, yaitu agar lebih dekat dengan keluarga. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bambang Widianto dan Yestri Nedi atas segala kinerjanya yang luar biasa. “Para auditor yang pindah ini adalah para auditor BPKP yang patut dibanggakan”, ungkap Kaper BPKP Riau itu.

Dikatakannya bahwa mutasi atau pindah tugas pegawai dalam sebuah organisasi atau lembaga adalah hal yang biasa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. 

Namun, di samping bertujuan memenuhi kebutuhan organisasi, idealnya diupayakan juga memenuhi harapan pegawai yang bersangkutan. Harapan pegawai umumnya adalah agar lebih dekat dengan keluarga atau orang tua. Hanya saja, lanjut Dikdik Sadikin, harus juga disadari bahwa kondisi jumlah dan komposisi pegawai pada tiap-tiap perwakilan adalah berbeda-beda. Hal ini menyebabkan kebutuhan pribadi harus lebih mengalah pada kebutuhan organisasi.

"Perwakilan BPKP yang favorit, seperti Yogya, Jabar, Jateng, Jatim  dan Sumut, yang sudah demikian padat justru banyak menjadi sasaran keinginan pindah pegawai ke sana. Sementara perwakilan di daerah timur, bukan saja sepi peminat, bahkan yang sudah ditempatkan di sana pun ingin kembali ke perwakilan favorit tadi," jelas Dikdik Sadikin.

"Untuk itu, dalam beberapa hal, memang dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan, khususnya kepada para pegawai yang terpisah dengan keluarganya selama ini. Karena itu, kami sampaikan apresiasi kepada para pegawai yang dapat terus berkinerja dengan baik meski kerinduannya kepada keluarga secara manusiawi terus melekat di hati".

Ada pun kepada Eka Winda Silitonga,  pegawai yang akan melaksanakan tugas belajar S2 di UI, Kaper BPKP Riau berharap agar melaksanakan tugas belajar tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab. Diharapkan Eka dapat menyelesaikan kuliahnya dengan lancar, dan dapat segera kembali ke BPKP. dengan bekal ilmu dan kontribusi yang lebih tinggi lagi bagi organisasi. 

(Humas BPKP Riau / Setia Hadi Pranoto)