Kunjungan Tim Sekretariat Jenderal & Badan Keahlian DPR RI di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua

Jayapura- Rabu, (20 Februari 2019) Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua menerima kunjungan dari Tim Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Kunjungan ini disambut oleh Kepala BPKP Provinsi Papua, Sueb Cahyadi beserta Kabag TU dan jajaran Pejabat Koordinator Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Papua. Kunjungan ini dalam rangka pengumpulan data untuk penyusunan RUU Sistem Pengendalian Internal Pemerintah.

Bertempat di ruang rapat Kepala Perwakilan BPKP Papua, dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab terkait pengumpulan data RUU Sistem Pengendalian Internal Pemerintah tersebut. Sebelum sesi diskusi dan tanya jawab dimulai, Kepala Perwakilan BPKP, Sueb Cahyadi memaparkan materi terkait dengan audit internal serta peran APIP dan kondisi APIP Inspektorat Daerah Papua saat ini.

Dalam paparannya tersebut, Sueb Cahyadi menyampaikan kondisi Inspektorat Daerah Papua yang belum ideal/ belum sesuai dengan prinsip-prinsip dan teori Audit Internal yang berlaku.

"Yang pertama Kekurangan jumlah auditor, yang kedua terdapat auditor yang kurang kompeten, baik dalam background pendidikan, pemahaman, teknis auditnya dan pemahaman substansi atas kegiatan audit yang dilakukan. Kemudian kapabilitas auditor APIP Inspektorat masih rendah.”

Selain hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Papua tersebut juga menyampaikan usulan-usulan yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan RUU Sistem Pengendalian Internal Pemerintah.

Setelah penyampaian materi dan usulan selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab antara Tim Sekretariat Jenderal DPR dengan Kepala Perwakilan BPKP Papua.

Di penghujung acara, Kepala Perwakilan BPKP Papua, Sueb Cahyadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Sekjen DPR, karena sudah memfasilitasi penyampaian usulan-usulan dan masukan dari pihak BPKP Provinsi Papua. Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam ini kemudian diakhiri dengan foto bersama di Lobby Kantor BPKP Provinsi Papua.

 

(Humas BPKP Papua)