MENDORONG KINERJA SATGAS SISKEUDES, SIMDA KEUANGAN DAN MENINGKATKAN MATURITAS SPIP

Selama lima hari kerja dari tanggal 11 s.d. 15 September 2017, Tim BPKP Maluku Utara bersama Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara melaksanakan kegiatan bimbingan teknis dan monitoring atas 3 aspek, yaitu implementasi Aplikasi Siskeudes, Aplikasi SIMDA Keuangan dan Maturitas SPIP. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah mendorong kinerja Satgas Siskeudes dan SIMDA Keuangan serta membangun infrastruktur SPIP, khususnya pada sub unsure Penilaian Risiko.

Berkaitan dengan implementasi Aplikasi Siskeudes, Tim BPKP Maluku Utara menyoroti menurunnya kinerja Satgas dibanding tahun lalu Pada tahun 2016, seluruh APB Desa telah diinput seluruhnya kedalam Aplikasi Siskeudes sedangkan pada tahun 2017 hanya sebagian APB Desa yang diinput kedalam Aplikasi Siskeudes. Hal tersebut dapat menghambat peñatausahaan keuangan desa melalui Aplikasi Siskeudes. Namun setelah melalui rapat koordinasi dan bimbingan teknis, dihasilkan komitmen dan langkah strategis untuk mendorong kinerja Satgas. Salah satu langkah strategisnya adalah merevitalisasi Satgas sehingga dapat lebih optimal dalam melakukan pembinaan pengelolaan keuangan desa melalui Aplikasi Siskeudes.

                                                  

Maturitas SPIP pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara berada pada level 2. Penyebab belum tercapainya level 3, diantaranya belum terbangunnya infrastruktur Penilaian Risiko. Oleh karena itu, Tim BPKP Maluku Utara melakukan simulasi penyusunan Daftar Risiko dan Rencana Tindak Pengendalian kepada 12 SKPD peserta bimbingan teknis. Diharapkan darikegiatan tersebut, seluruh SKPD dapat membangun infrastruktur sub unsur Penilaian Risikodan sub unsure lainnya sertamampu mengimplementasikannya di lingkungan SKPD masing-masing.

Bimbingan teknis juga diberikan kepada Satgas SIMDA Keuangan di BKAD Kabupaten Halmahera Utara.Materi bimbingan teknis seputar System Requirement berkaitan dengan update Aplikasi SIMDA Keuanganversi 2.7.0.11.

Melaui rangkaian kegiatan tersebut, pimpinan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara optimis bahwa Aplikasi Siskeudes masih dapat diterapkan sepenuhnya di tahun 2017 dan Maturitas SPIP level 3 dapat diraih pada akhir tahun 2018 sesuai dengan target yang diharapkan.