Peningkatan Kapabilitas APIP melalui Bimtek Reviu LKPD Upaya meningkatkan Kualitas SDM APIP

Bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Gunung Mas pada hari Selasa tanggal 20 Februari 2018 telah dilaksanakan bimbingan teknis reviu LKPD Berbasis Akrual pada 7 Inspektorat Wilayah Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses peningkatan kualitas SDM APIP yang merupakan bagian dari peningkatan Kapabilitas APIP.Penggabungan beberapa Inspektorat dalam satu kegiatan sejalan dengan Surat Deputi PPKD Nomor SE-57/D3/01/2018 tanggal 12 Januari 2018 perihal Strategi dan Kebijakan Peningkatan Kapabilitas APIP Tahun 2018 pada butir 4 disebutkan bahwa untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas SDM eksternal BPKP, Perwakilan BPKP agar menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi dan kapabilitas SDM APIP melalui bimtek yang mencakup beberapa APIP sekaligus.

Jumlah peserta sebanyak 32 orang terdiri dari 17 orang berasal dari 7 Inspektorat yaitu Inspektorat Kabupaten Murung Raya, Inspektorat Kabupaten Barito Utara, Inspektorat Kabupaten Barito Timur, Inspektorat Kabupaten Barito Selatan, Inspektorat Kabupaten Kapuas dan Inspektorat Kota palangkaraya serta 15 orang peserta dari tuan rumah yaitu Inspektorat Kabupaten Gunung Mas.pemberian kuota peserta yang lebih banyak kepada tuan rumah adalah sebagai bentuk penghargaan atas kesediannya menjadi tuan rumah dan semangat untuk menggali ilmu dari peserta terutama tuan rumah sangat tinggi sekali.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Herman Hermawan, berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara bergilir di tempat lain dan direncanakan dalam waktu dekat akan diselenggarakan telaah sejawat 7 Inspektorat wilayah timur dengan Lokasi di Inspektorat Kabupaten Barito Utara. dalam sambutan pembukaan, Herman Hermawan. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Inspektur Kabupaten Gunung Mas beserta jajarannya yang telah bersedia menjadi tuan rumah dan menekankan pentingnya pelaksanaan Reviu LKPD berbasis akrual oleh Inspektorat guna meningkatkan kualitas LKPD.

Inspektur Kabupaten Gunung Mas, Luis Eveli, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah telah menunjuk Inspektorat Kabupaten Gunung Mas sebagai Tuan Rumah, dengan terselenggaranya kegiatan ini setidaknya menjadi satu prestasi bagi Kabupaten Gunung Mas jika kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan baik. Kerja bersama seluruh jajaran Inspektorat Kabupaten Gunung Mas untuk menyukseskan kegiatan ini mulai dari penyediaan ruangan pertemuan yang sebelumnya difungsikan sebagai gudang beserta pendingin ruangan hingga penyediaan makan siang untuk peserta bimtek yang seluruhnya ditangani oleh pegawai Inspektorat Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan ini telah dilaporkan kepada Bupati Gunung Mas serta mendapat sambutan yang baik sekali dan beliau meminta agar kegiatan lain seperti Bimtek Aplikasi Siskeudes bisa diberikan juga kepada pegawai Inspektorat.

Kegiatan Bimtek akan berlangsung selama 3 hari dengan materi Gambaran Umum Reviu LKPD Berbasis AKrual, Pemahaman Akuntansi Berbasis Akrual, Perencanaan Reviu, Pelaksanaan Reviu, Pelaporan Reviu, Sekilas memahami aplikasi SIMDA Keuangan dan BMD untuk keperluan Reviu, sebelum pelaksanaan bimtek dilakukan Pre Test dan diakhir pelaksanaan bimtek dilakukan post test untuk mengukur keberhasilan pemahaman peserta atas materi bimtek yang disampaikan. Narasumber bimtek seluruhnya berasal dari Bidang P3A dan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah.

--rst-