Kepala Perwakilan menghadiri acara Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi

Kepala Perwakilan, Muhammad Masykur mengahadiri acara Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5/2017). Dalam acara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo tersebut, Presiden  mendapatkan gelar adat “Kapiteng Lau Pulo” yang artinya pemimpin yang berhasil menjaga kedaulatan perairan. Sejumlah pejabat pemerintah turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Nila Moeluk dan Kepala Staff Kepresidenan Teten Masduki.

Dalam sambutanya Presiden Jokowi menyatakan bahwa wilayah Indonesia sangat luat terdiri dari 17.000 Pulau, 714 Suku Bangsa, 516 Kabupaten/Kota, dan 2/3 wilayah Indonesia adalah air/lautan. Kekayaan Indonesia banyak dilaut, jika laut kita dikelola dengan baik, sumber daya alam kita yang ada dilaut memiliki potensi kurang lebih 1700 triliun per tahun. “Sumber daya alam laut merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat kita dan merupakan kunci untuk keadilan rakyat Indonesia," ujar Presiden.

Presiden menambahkan bahwa nenek moyang Indonesia sejak dulu sudah hidup harmonis dengan lautan. “Pesta adat ini menjadi bukti bahwa jati diri kita, karakter kita, budaya kita adalah kodrat dari bangsa dan negara kita Indonesia, yaitu bangsa maritim,” ujar Presiden.

Usai mengikuti acara puncak pesta laut, Presiden membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 395 siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Selain KIP, Presiden juga membagikan 250 kartu peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikelola Kementerian Sosial, serta 175 Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Pemberian Makanan Tambahan untuk 233 orang yang dikelola Kementerian Kesehatan.

Seusai melakukan kegiatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Presiden melanjutkan jadwal kegiatan lainnya di Kabupaten Tanah Laut berupa penyerahan hutan desa, hutan tanaman rakyat, dan hutan kemasyarakatan kepada sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani.

Kunjungan Presiden kali ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Lintas Nusantara yang sebelumnya Beliau telah melawat di Gampong Lhong Raya, Banda Aceh. Dari Kalimantan Selatan agenda Beliau akan melanjutkan perjalanan ke Maluku Utara dan Papua.(ABK/AS/MM)