BPKP Kalsel Adakan Rakorwas dengan Pemkab Hulu Sungai Utara

Acara rakorwas yang dimoderatori oleh Inspektur Kabupaten Hulu Sungai Utara, di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Utarapada pukul 09.30 WITA. Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa kedatangan Kepala BPKP beserta tim pada kesempatan ini adalah dalam rangka melakukan pemantauan progres rencana aksi peningkatan kualitas LKPDtahun 2014 sekaligus mendorong pembuatan dan pelaksaan rencana aksi peningkatan kualitas LKPD tahun 2015.Pada kesempatan ini Wakil Bupati memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BPKP yang senantiasa hadir di Kabupaten Hulu Sungai Utaradalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sementara itu, Edy Karim menyampaikan rasa terima kasih kepada Wakil Bupati, dan seluruh jajaran SKPD se Kabupaten Hulu Sungai Utarayang hadir dalam acara tersebut. Selanjutnya Edy Karimmenyampaikan bahwa BPKP sebagai pembina sekaligus pengawas harus mampu  memberikan kontribusi yang nyata khususnya dalam rangka peningkatan kinerja Pemerintah Daerahyang salah satunya dapat dilihat dari opini atas LKPD yang diberikan BPK. Kaper BPKP Kalsel menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas LKPD salah satu permasalahan yang belum terselesaikan adalah mengenai aset tetap, terutama yang menjadi unsur pengecualian dalam opini BPK. Selain harus menuntaskan masalah tersebut, yang tidak boleh dilupakan adalah mengerjakan penatausahaan atas pengadaan BMD pada tahun berjalan ini sesuai dengan ketentuan, karena nanti yang diaudit adalah Laporan Keuangan tahun buku 2015. Setiap ada transaksi harus langsung dicatat/diinput dalam aplikasi Simda BMD. Jangan ditunda sampai akhir tahun. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, Kepala SKPD selaku Pengguna Barang harus berperan aktif dan menjalankan fungsi pengawasan yang melekat pada jabatan yang diembannya. Disamping menjalankan fungsi pengawasan, pimpinan SKPD juga harus mampu memberikan keteladanan dan mendorong para stafnya terus meningkatkan kedisiplinan, kapasitas SDM dan berbudaya kerja yang baik.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai evaluasi rencana aksi tahun 2014 dan penyusunan rencana aksi tahun 2015 atas LHP LKPD tahun 2014 disertai dengan penjelasan mengenai opini BPK atas LKPD tahun 2015oleh Devi Elvino (Kabid APD Kalsel) .

Pada kesempatan akhir,Inspektur Kabupaten Hulu Sungai Utara sekaligus sebagai moderator, menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada BPKP Kalsel.Acara ini ditutup dengan ucapan syukur  kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga acara berjalan lancar. (Humas BPKP Provinsi Kalsel/Thomas SB)