Kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Pembangkit Semangat Pemda Tapin yang Beropini WTP

Lebih lanjut Rachmadi,Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin menyampaikan bahwa opini WTP belum dapat diperoleh karena target 85% penyelesaian persoalan asset tetap melewati tenggat waktu yang diberikan BPK Kalsel dan saat ini Bupati Tapin telah membuat komitmen dengan BPK untuk menyelesaikan sisa persoalan 15% dalam jangka waktu 3 bulan kedepan dan ini terus dilakukan pemantauan langsung ke lapangan oleh Sekretaris Daerah dan Inspektur Kabupaten Tapin.

Bertempat di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin hari kamis tanggal 17 Juli 2014 dilaksanakan pertemuan antara Kepala Perwakilan BPKP Kalsel dengan Sekretaris Daerah yang didampingi Inspektur Kabupaten Tapin dan Kabag Aset dan Akuntansi. Pembicaraan berlangsung kondusif jujur dan terbuka sehingga informasi yang diperoleh menjadi bermanfaat baik bagi Pemda maupun BPKP Kalsel

Pertemuan ini merupakan langkah strategis yang memang telah dirancang oleh Perwakilan BPKP Kalsel untuk membangun semangat Pemda yang LKPD nya belum memperoleh opini WTP dari BPK Kalimantan Selatan. Kesempatan tersebut sekaligus juga dimanfaatkan oleh Edy Karim untuk menelisik persoalan yang masih mengganjal dalam pengelolaan keuangan sekaligus menjaring aspirasi dari Pemda tentang apa yang kurang dan masih harus dilakukan BPKP Kalsel  untuk membantu Pemda Tapin.

Edy Karim juga menyatakan bahwa kunjungan serupa dengan agenda yang sama juga akan dilaksanakan ke pemda-pemda yang LKPD nya belum memperoleh opini WTP, sebagaimana diketahui bersama bahwa pada tahun 2014 BPK Kalimantan Selatan baru memberikan opini WTP kepada 8 Pemda atau 57,14% dari 14 Pemda yang ada di Wilayah Kalimantan Selatan.

Pada akhir pertemuan Kepala Perwakilan BPKP secara khusus berpesan kepada Pemda Tapin agar jangan sampai lalai dengan transaksi berjalan (2014), terus dilakukan pemantauan terhadap manajemen aset mulai dari perencanaan-pengadaan-pemanfaatan-hingga penghapusan asetnya dan tetap lakukan pemantauan terhadap pengeleloaan keuangan daerah yang selama ini sudah baik.

Pesan Kepala Perwakilan BPKP tersebut disambut dengan baik oleh Sekretaris Daerah yang sertamerta juga menyatakan siap untuk menerima BPKP Kalsel untuk kapan saja melakukan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan Pemda Tapin.

“Terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatanyang tidak habis-habisnya memberi perhatian dan membuat semangat kami terasa menjadi semakin besar “ demikian disampaikan Sekretaris Daerah Tapinmengakhiri acara kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Kalsel ke Pemda Tapin.

 

[Humas Kalsel/Budi Santosa]